3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Lokasi Pernikahan



Pernikahan menjadi momen yang spesial dan membahagiakan bagi kedua mempelai maupun keluarganya. Bahkan, banyak juga yang rela mengeluarkan uang dalam jumlah tidak sedikit demi mengadakan acara yang sesuai dengan keinginan. Harapannya, semua tamu dan keluarga yang datang akan merasa puas dan senang datang ke resepsi pernikahan tersebut.

Sayangnya, terkadang ada hal-hal yang lupa dipertimbangkan oleh calon pengantin dalam menentukan lokasi pernikahannya sehingga membuat beberapa tamu merasa kurang nyaman. Beberapa hal tersebut adalah:
  • Jumlah tamu. Jumlah tamu yang diundang biasanya dijadikan dasar untuk menentukan jumlah porsi makanan yang akan dipesan. Namun jangan lupa, jumlah tamu juga harus dijadikan pertimbangan saat memilih lokasi pernikahan, terutama jika diadakan secara indoor. Ketika ukuran hall yang dipilih tidak terlalu besar sementara jumlah tamu dan keluarga yang datang cukup banyak, sudah bisa dibayangkan akan seribet apa kondisinya nanti. Namun ketika yang terjadi sebaliknya, yaitu ruang hall lebih besar dibandingkan jumlah tamu yang datang maka hasilnya juga tidak akan bagus. Kondisi tersebut akan membuat pernikahan terlihat hanya dihadiri sedikit tamu saja meskipun sebenarnya hampir semua tamu undangan datang.
  • Lahan parkir. Saat ini, hampir semua tamu yang datang ke pesta pernikahan menggunakan mobil sebagai transportasinya. Itulah sebabnya, ketersediaan lahan parkir yang cukup harus menjadi pertimbangan utama. Apalagi untuk Anda yang memiliki anggota keluarga banyak. Jangan sampai lahan parkir yang tersedia hanya cukup untuk parkir mobil keluarga Anda saja.
  • Usia dan kondisi kesehatan. Ini merupakan hal yang sebenarnya penting tapi terkadang luput dari perhatian calon pengantin. Tentunya usia dan kondisi yang dimaksud bukanlah untuk calon pengantin, tapi untuk keluarga dan tamu yang datang. Jika ada anggota keluarga Anda, terutama keluarga inti, yang sudah berusia lanjut atau memiliki masalah kesehatan sehingga tidak bisa naik tangga, ada baiknya memilih hall yang berada di lantai 1. Atau jika Anda memilih hall yang berada di lantai lain, setidaknya pengelola harus menyediakan lift. Mungkin hal ini terasa tidak penting, tapi kenyataannya ada beberapa hall yang hanya menyediakan tangga tanpa lift. Untuk hall seperti ini ada baiknya jika dihindari.

Semoga dengan memperhatikan ketiga hal di atas, Anda bisa mendapatkan lokasi yang tepat untuk hari bahagia Anda.