Indahnya Pesona Air Terjun di Pontianak Ini, Kunjungi Yuk!



Ketika liburan ke Pontianak dan menginap di salah satu hotel terbaik di Pontianak, pernahkah Anda berwisata air terjun? Hmm, kalau ditanya, pasti jawabannya jarang, kan? Padahal, kota satu ini memiliki air terjun yang sangat indah, loh. Namun, sayangnya ada beberapa air terjun yang belum terkenal di kalangan wisatawan. Meski tidak terkenal, air terjun ini memiliki keindahan alam yang sangat alami, berikut di antaranya:

1. Air Terjun Gunung Poteng. Berlokasi di kawasan wisata Gunung Poteng, air terjun satu ini wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke Pontianak. Di sini, Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan alami yang disuguhkan oleh air terjun, namun juga bisa melihat berbagai benda peninggalan bersejarah seperti pipa air, bak air, hingga villa. Dan yang lebih keren lagi, di sekitar air terjun ini pun terdapat flora dan fauna. Untuk fauna-nya seperti landak, trenggiling, dan beruang madu. Sedangkan, flora seperti bunga Rafflesia. Keren, bukan?

2. Air Terjun Saka Dua. Selain itu, Anda pun disarankan mengunjungi Air Terjun Saka Dua yang terletak di kawasan hutan lindung atau lebih tepatnya berada di Dusun Kayu Tunu, Kabupaten Sanggau, Pontianak. Air terjun ini memiliki suasana yang sangat alami dan masih terjaga keasriannya. Untuk bisa menikmati keindahan yang dimiliki oleh air terjun ini, dibutuhkan waktu sekitar dua jam sembari menelusuri Sungai Kapuas menggunakan perahu barulah kemudian melintasi hutan belantara. Kunjungi, deh!

3. Air Terjun Mananggar. Tahukah Anda, Air Terjun Mananggar ini dijuluki sebagai Niagara Mini, Pontianak, loh. Kok, bisa? Yap, ini karena karakteristik air terjun yang menyerupai Air Terjun Niagara karena itulah tidak heran bila disebut Niagara Mini. Yang paling menarik, di bawah air terjun ini terdapat sebuah danau berbentuk bulat yang kerap digunakan untuk memancing ikan, berenang, dan mandi oleh pengunjung. Menarik sekali, bukan?

4. Air Terjun Terintik. Khusus untuk Anda yang suka rintangan, maka mengunjungi Air Terjun Terintik adalah pilihan yang tepat. Sebab untuk bisa sampai ke air terjun ini, Anda membutuhkan waktu sekitar 7 jam perjalanan dan menyusuri sungai, bukit batu, serta hutan belantara. Air terjun yang terletak di Desa Sepatung Lauk, Kabupaten Landak, Kecamatan Air Besar ini memiliki ketinggian mencapai 50 meter dengan pemandangan alam yang sangat indah.

Itulah beberapa air terjun yang bisa dikunjungi di Pontianak. Jalan-jalan ke sana, yuk!