Ini Dia Sederet Makanan Khas Semarang yang Wajib Dicicipi



Berkunjung ke suatu tempat pasti tidak sah hukumnya bila belum mencicipi makanan atau jajanan khas daerah tersebut. Hal ini dikarenakan setiap daerah memiliki makanan khasnya masing-masing, begitu pula dengan kota Semarang. Kota yang terkenal dengan Lawang Sewunya ini menawarkan berbagai makanan khas yang jarang ditemukan di daerah lainnya.

Nah, jika kamu sedang mengunjungi atau berniat untuk menginap di salah satu hotel di Semarang, maka ini adalah daftar kuliner khas Semarang yang tidak boleh dilewatkan:

1. Lumpia
Tidak heran lagi bila makanan yang satu ini ada di peringkat utama makanan khas Semarang yang wajib kamu cicipi saat sedang berkunjung. Dalam Bahasa Inggris, lumpia dikenal dengan nama spring roll karena bentuknya yang bundar. Lumpia ini sendiri terbuat dari adonan tepung yang diberikan isian dan digulung untuk dicelupkan ke dalam minyak panas. Sebenarnya lumpia juga tersedia di berbagai daerah lain di Indonesia, hanya saja untuk lumpia Semarang ada satu bahan yang membedakan, yaitu penggunaan rebung sebagai isiannya. Untuk menyantapnya juga menggunakan saus kental berwarna agak kekuningan bersama dengan bawang merah mini yang disertai dengan batangnya.

2. Tahu petis
Sesuai dengan namanya, makanan ini berbahan utama tahu dan petis. Petis itu sendiri adalah sejenis olahan dari sisa cairan perebusan udang atau ikan yang kemudian dipanasi hingga kental dan menjadi saus kehitam-hitaman. Petis ini dimasukkan ke dalam tahu yang sudah diiris. Proses penggorengannya harus sampai garing dan disajikan dengan cabai rawit. Sama halnya dengan lumpia, di beberapa daerah sebenarnya Anda bisa menemukan makanan ini. Hanya saja tahu petis yang ada di Semarang memiliki cita rasa yang sedikit manis dan gurih.

3. Nasi goreng babat gongso
Nasi goreng babat gongso adalah nasi goreng lezat yang sajiannya dilengkapi dengan tambahan babat atau kulit sapi yang dipotong dengan ukuran kecil-kecil. Akan semakin nikmat jika sajian ini ditambahkan dengan telur orak-arik di atas hidangan nasi goreng babat gongso. Bagi Anda yang suka dengan jeroan, Anda bisa menambahkan limpa, paru rebus, dan iso yang akan membuat nasi goreng babat gongso semakin enak untuk disantap.

4. Garang asem
Makanan yang satu ini merupakan kuliner tradisional khas Semarang yang berisi ayam dan juga kuah santan yang dimasak hingga mengeluarkan aroma yang kental dan sangat memikat. Garang asem ini sebenarnya merupakan makanan berbumbu belimbing wuluh yang dimasak dalam bungkus daun pisang dan ditutup menggunakan lidi. Agar lebih nikmat, biasanya garang asem akan makan bersama dengan tambahan nasi hangat, jeroan ayam, tempe goreng dan perkedel.

Demikianlah beberapa makanan khas Semarang yang wajib hukumnya bagi Anda untuk cicipi jika berkunjung. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!