Article September I

3 Makanan Khas Solo yang Wajib Dicoba



Wisata kuliner merupakan hal yang tidak boleh Anda lewatkan saat sedang berwisata ke satu daerah. Bahkan, jika Anda sempat dan kondisinya memungkinkan, ada baiknya jika Anda mendatangi kuliner khas daerah tersebut di warung makan yang sudah terkenal dengan kelezatannya. Namun jika memang tidak memungkinkan, Anda tidak perlu khawatir karena biasanya hotel di Solo juga menyediakan menu makanan khas daerah sesuai dengan versinya.

Nah, salah satu daerah yang memiliki kuliner menarik adalah Solo. Berikut ini adalah 3 jenis makanan khas Solo yang wajib dicoba:
 
  • Selat Solo
Selat solo merupakan makanan yang terdiri dari potongan daging dan disajikan bersama dengan sayuran. Banyak yang menyebut makanan ini sebagai steak ala Jawa, wajar saja karena penyajiannya memang menyerupai steak. Biasanya makanan ini akan disajikan bersama dengan beberapa jenis sayuran rebus seperti buncis dan wortel, serta beberapa potong kentang goreng. Setelah tertata rapi di atas piring saji, barulah disiram dengan kuah semur. Rasa makanan ini cenderung manis dan ukuran dagingnya sedang, tidak sebesar ukuran daging steak pada umumnya. Meskipun menyerupai steak, tetapi makanan ini juga cocok dinikmati bersama dengan nasi.
 
  • Serabi Notosuman
Ketika mendengar kata “serabi” mungkin yang langsung Anda ingat adalah kota Bandung. Wajar saja, karena ada cukup banyak tempat makan serabi yang sangat terkenal di sana. Namun ternyata, Solo juga memiliki serabi yang sangat berbeda dari serabi di Bandung. Tekstur serabi ini sangat lembut, apalagi jika Anda menikmatinya saat belum lama matang. Rasanya manis dan gurih sehingga Anda tidak membutuhkan topping apapun lagi saat menyantapnya. Meskipun begitu, tetap tersedia berbagai pilihan rasa untuk Anda yang tidak begitu menyukai rasa original. Setelah mencobanya, dijamin Anda tidak akan merasa cukup jika hanya memakan satu buah saja.
 
  • Nasi Liwet Solo
Nasi liwet merupakan nasi yang disajikan menggunakan piring beralaskan daun pisang dengan lauk berupa suwiran ayam, areh, dan juga sayur labu. Nasinya sendiri sudah memiliki rasa yang gurih menyerupai nasi uduk sehingga rasa nasi ini semakin nikmat. Terkadang ada juga yang menambahkan potongan telor rebus dengan bumbu opor untuk menambah kelezatan makanan ini.

Sebenarnya sama seperti kuliner lainnya, ketiga kuliner di atas juga bisa dengan mudah Anda temukan di tempat lainnya. Namun tentunya, menikmatinya langsung di daerah asalnya akan
lebih spesial, bukan?