Jembatan Barelang Batam

5 Fakta Jembatan Barelang yang Menjadi Ikon Kota Batam


Layaknya kota lain yang ada di Indonesia, Batam juga memiliki daya tariknya tersendiri, khususnya dalam bidang pariwisata. Tidak heran, kota yang berbatasan langsung dengan negara Singapura ini tak hanya jadi tempat singgah sementara, tapi juga tujuan wisata.
 
Sejumlah destinasi menarik pun ada di kota ini, mulai dari pantai hingga bangunan bersejarah. Namun dari berbagai destinasi wisata yang ada, Jembatan Barelang Batam jadi lokasi yang banyak dituju para wisatawan.
 

Sekilas tentang Sejarah Jembatan Barelang Batam


Memakan waktu pembangunan selama enam tahun, mulai dari 1992-1998, Jembatan Barelang membentang sepanjang 54 kilometer dan jadi penghubung antar pulau-pulau yang ada di sekitarnya. Adapun pulau-pulau yang dihubungkan dengan jembatan tersebut, meliputi Pulau Batam, Galang, Galang Baru, Nipah, Tonton, Rempang, dan Setoko.
 
Selain jadi penghubung antara pulau, jembatan yang menjadi ikon dan kebanggaan warga Batam ini juga menawarkan pemandangan yang indah. Dari atas jembatan, kamu akan melihat hamparan lautan luas berwarna biru terang dengan beberapa pulau kecil di sekelilingnya.

 

Fakta-Fakta Jembatan Barelang Batam


Jembatan satu ini ternyata juga mempunyai beberapa fakta menarik yang patut untuk disimak. Lantas, apa saja fakta-fakta menarik seputar Jembatan Barelang yang perlu kamu ketahui? Yuk, cari tahu ulasan lengkapnya di bawah ini.
 
1.  Diprakarsai alm. BJ Habibie
Fakta pertama tentang sejarah Jembatan Barelang Batam adalah jembatan ini terwujud atas prakarsa alm. BJ Habibie. Kala itu, ketika masih menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi, Habibie pernah memprakarsai pembangunan jembatan tersebut untuk mendukung Kota Batam sebagai salah satu kawasan industri.
 
2.  Asli buatan insinyur Indonesia
Fakta selanjutnya yang tak kalah membanggakan dari Jembatan Barelang Batam adalah jembatan ini 100 persen dibangun dari hasil jerih payah para insinyur Indonesia. Karena tidak ada campur tangan tenaga kerja asing, Habibie pun melibatkan ratusan insinyur Indonesia untuk menggarap jembatan ini.
 
3.  Terdiri dari 6 rangkai
Jembatan Barelang Batam terdiri dari enam rangkaian yang terhubung ke jalur Trans Barelang. Total keenam rangkai jembatan ini memiliki panjang 642 meter. Yang unik, masing-masing rangkaian jembatan itu diberi nama sesuai dengan raja-raja yang pernah menguasai wilayah tersebut, seperti Jembatan Fisabilillah, Jembatan Sultan Zainal Abidin, Jembatan Nara Singa, Jembatan Tuanku Tambusai, dan Jembatan Raja Kecik.
 
4.  Dijuluki Golden Gate-nya Indonesia
Tahukah kamu bahwa Jembatan Barelang Batam dijuluki sebagai Golden Gate-nya Indonesia? Pemberian julukan tersebut sebenarnya mengacu pada bentuk jembatan itu sendiri yang sepintas mirip seperti Golden Gate yang ada di San Francisco, Amerika Serikat. Seperti halnya Jembatan Barelang, Golden Gate Bridge juga menghubungkan pulau di sekitarnya, yaitu Semenanjung San Francisco dengan ujung selatan Marin Country.
 
5.  Penamaan Jembatan
Fakta terakhir dari jembatan kebanggan masyarakat Batam adalah penamaannya yang unik. Selain dinamai berdasarkan raja yang pernah berkuasa, Jembatan Barelang Batam juga dinamakan sesuai pulau-pulau yang ada di sana. Barelang sendiri merupakan singkatan dari nama pulau-pulau itu, yaitu Batam, Rempang, dan Galang.
 
Demikianlah lima fakta unik seputar jembatan kebanggan masyarakat kota Batam yang perlu kamu tahu. Bila kamu tertarik melihat kemegahan jembatan ini, lengkapi keseruannya dengan menginap di HARRIS Hotel Batam yang lebih dari sekedar hotel. HARRIS Hotels menerapkan konsep healthy lifestyle dengan standar kebersihan yang tinggi.
 
Kamu akan dimanjakan oleh kenyamanan, keamanan dan ketenangan yang didukung pula dengan fasilitas-fasilitas yang lengkap mulai dari kolam renang, cafe dan restoran, tempat gym hingga ruang meeting, yang akan membuat pengalaman menginap di HARRIS Hotels jadi momen yang tidak terlupakan.