Makanan khas Pontianak

5 Makanan Khas Pontianak yang Wajib Dicoba


Sebagai salah satu kota wisata di Indonesia, Pontianak memang memiliki sejumlah destinasi yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari Tugu Khatulistiwa hingga Sungai Kapuas. Tidak heran, jika Kota Pontianak banyak menarik perhatian wisatawan, baik lokal maupun luar.
 
Namun, selain destinasi wisatanya yang menarik, kota yang berada tepat di perlintasan garis Khatulistiwa ini juga memiliki ragam kuliner khas yang wajib untuk dicoba. Menariknya, banyak makanan khas Pontianak yang merupakan hasil akulturasi dari berbagai budaya.

 

Daftar Makanan Khas Pontianak yang Siap Memanjakan Lidahmu


Berikut daftar makanan khas Pontianak yang terkenal kelezatannya sehingga layak untuk dicoba.
 
1.  Chai Kwe
Makanan khas Pontianak yang pertama adalah chai kwe atau disebut juga choi pan. Ini merupakan salah satu makanan hasil akulturasi budaya lokal (Pontianak) dan masyarakat Tionghoa yang bentuknya mirip pastel. Meski mengadaptasi dari makanan khas Tionghoa, tapi chai kwe tetap halal untuk dikonsumsi. Chai kwe berisi irisan sayuran, seperti kucai, daun bawang, kacang, rebung, talas, dan bengkoang. Entah itu dikukus atau digoreng, chai kwe akan disajikan dengan taburan bawang putih goreng dan saus sambal sebagai cocolannya.
 
2.  Bubur Pedas Pontianak
Di Pontianak, terdapat bubur khas yang bernama bubur pedas atau bubbor paddas. Ini merupakan salah satu makanan khas Pontianak, tepatnya dari suku Melayu Sambas yang berasal dari Kalimantan Barat. Sekilas jika mendengar namanya, kamu pasti mengira bahwa bubur ini memiliki cita yang rasa pedas. Faktanya, bubur ini justru tidak pedas sama sekali. Bagi orang Pontianak, kata ‘pedas’ berarti sayuran dan rempah. Sayurannya seperti kangkung, jagung yang dipipil, daun pakis, kentang, dan daun kesum. Sebagai pelengkap, bubur pedas ini akan ditambahkan kacang dan teri goreng di atasnya.
 
3.  Pengkang
Makanan khas Pontianak berikutnya adalah pengkang. Meski tampilan visualnya mirip lemper yang ada di Pulau Jawa, Pengkang sejatinya adalah cemilan yang bahan utamanya beras ketan dan di dalamnya diisi udang ebi. Pengkang dibungkus dengan daun pisang dengan bentuk seperti limas kemudian dibakar di atas bara api. Namun, sebelum dibakar, pengkang akan dijepit menggunakan belahan bambu yang tipis dan panjang, mirip tusuk sate. Cemilan ini umumnya disajikan bersama sambal kepah atau sambal kerang sebagai cocolannya.
 
4.  Sotong Pangkong
Makanan khas Pontianak ini terbuat dari bahan dasar sotong (cumi) yang sudah dikeringkan dan dipanggang. Sebelum disajikan, sotong yang sudah siap tadi akan dipangkong (dipukul) menggunakan palu hingga teksturnya dagingnya jadi empuk. Biasanya, sotong pangkong akan disajikan bersama sambal kacang atau sambal pedas khas Pontianak. Yang menarik dari panganan ini adalah kemunculannya yang hanya setahun sekali, yakni ketika bulan Ramadhan saja.
 
5.  Batang Burok
Kue tradisional yang juga layak kamu cicipi saat sedang berada Bumi Khatulistiwa adalah Batang Burok. Panganan ini memiliki bentuk serupa dengan dadar gulung, tapi dengan isian yang berbeda. Isian Batang Burok berupa wortel, daging cincang, dan kentang. Setelah siap, batang burok akan dimasukkan ke sebuah wadah lalu disiram dengan santan kental di atasnya. Dulunya Batang Burok disajikan sebagai makanan para bangsawan dan raja.
 
Itu dia lima kuliner khas Pontianak yang wajib kamu cicipi. Tapi, wisata kuliner di Pontianak kurang lengkap rasanya jika tidak menginap di HARRIS Hotel Pontianak. Bagaimana tidak? HARRIS Hotel Pontianak menyiapkan berbagai fasilitas lengkap untuk mendukung kenyamanan para penghuninya, termasuk kolam renang, spa & massage, gym, café atau bar.
 
Selain fasilitasnya yang lengkap, HARRIS Hotel Pontianak juga memiliki lokasi yang strategis dengan pemandangan yang indah. Keuntungan lainnya, HARRIS Hotels Pontianak dekat dengan pusat kuliner, pusat pertokoan dan perbelanjaan, museum rumah Dayak panjang, hingga Tugu Khatulistiwa.
 
Untuk kebersihannya sendiri, kamu tidak usah khawatir. Semua cabang HARRIS Hotel yang tersebar di seluruh Indonesia terjamin kebersihannya. Ini karena HARRIS Hotels mengusung konsep healthy lifestyle dengan standar higienitas dan kebersihan yang tinggi.