Wisata Samarinda

6 Tempat Wisata Samarinda yang Recommended Buat Kamu


Destinasi wisata di Indonesia memang tidak pernah ada habisnya karena selalu ada saja objek wisata yang bermunculan dan patut dijelajahi, termasuk Samarinda. Dengan luas wilayah 717,4 km², Samarinda menawarkan berbagai objek wisata dengan panorama alam yang indah mulai dari wisata sungai, edukasi, hiburan keluarga, hingga seni budaya. Berikut ulasan lengkapnya.

 

Jembatan Mahakam


Salah satu ikon paling terkenal dari Kota Samarinda adalah Sungai Mahakam. Sungai tersebut merupakan sungai terbesar yang membelah tiga kota di Kalimantan Timur. Selain menyusuri Sungai Mahakam dengan kapal wisata, para pengunjung juga dapat melihat kemegahan Jembatan Mahakam yang menjadi penghubung antara wilayah Kota Samarinda dan Samarinda Seberang. Saat malam hari, pengunjung dapat melihat lampu hias jembatan yang berwarna-warni yang semakin menambah keindahannya.

 

Air Terjun Tanah Merah


Tidak seperti air terjun kebanyakan yang air kolamnya berwarna biru kehijauan, kolam air terjun Tanah Merah justru memiliki warna merah kecokelatan. Ini karena kondisi daerah aliran sungainya yang cenderung berlumpur dan bertanah gambut. Kendati begitu, gemericik air yang berasal dari atas cukup ampuh untuk merelaksasi pikiran dan suasana di sekitar air terjun ini pun masih sangat terjaga keasriannya karena ada banyak pohon-pohon rindang yang menjulang tinggi. Itu sebabnya, objek wisata di Samarinda ini terasa begitu sejuk dan cocok sebagai tempat berakhir pekan.

 

Jungle Water World


Jungle Water World merupakan salah satu objek wisata air andalan di Samarinda. Di sini ada banyak kolam renang dengan beragam ukuran dan fasilitas menarik yang bisa dicoba, seperti Wadah Berendam (kolam berendam yang dilengkapi dengan area voli dan basket) dan Wadah Behanyur (kolam arus yang siap memicu adrenalin). Yang menarik, Wadah Behanyur menjadi kolam dengan arus terpanjang di indonesia, lho!

 

Pulau Beras Basah


Pulau Beras Basah memiliki hamparan pasir putih yang lembut dan eksotis, air laut yang jernih dan kebiruan, serta deburan ombak yang tenang. Tak hanya itu, tempat wisata di Samarinda satu ini juga menawarkan keindahan panorama bawah laut yang memukau. Di sini kamu bisa snorkeling ataupun menyelam untuk melihat terumbu karang dan menemukan biota laut yang beragam.

 

Pulau Kumala


Wisata lainnya yang wajib dikunjungi saat di Samarinda adalah Pulau Kumala, pulau kecil yang berada di tengah Sungai Mahakam. Uniknya, pulau ini terbentuk dari endapan sedimen yang dibawa oleh aliran sungai. Daratan seluas 76 hektar ini sekarang dijadikan sebagai taman wisata rekreasi yang konsepnya mirip seperti Taman Mini Indonesia Indah dan Dunia Fantasi yang ada di Jakarta.

 

Desa Budaya Pampang


Nah, buat kamu yang ingin memperkaya khazanah adat dan budaya Indonesia, kamu bisa berkunjung ke Desa Budaya Pampang, yang merupakan kampung budaya untuk Suku Dayak Apokayan. Objek wisata di Samarinda ini menampilkan rumah adat Suku Dayak asli lengkap dengan baju adatnya. Di akhir pekan, masyarakat Desa Pampang, baik yang tua maupun muda, umumnya akan menarikan sejumlah tarian adat Suku Dayak.
 
Berhubung Samarinda menawarkan banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, rasanya kamu tidak cukup menjelajahi kota ini hanya sehari atau dua hari saja. Maka dari itu, memilih hotel yang nyaman tentu jadi prioritas penting ketika ingin berwisata di Samarinda. Salah satu hotel yang bisa menjadi pilihan adalah HARRIS Hotels Samarinda.
 
Selain fasilitasnya lengkap, lokasinya pun sangat strategis, dekat dengan tempat-tempat menarik di Samarinda. Sementara untuk kebersihannya, tentu sangat sangat terjamin. Ini karena semua cabang HARRIS Hotels mengusung konsep healthy lifestyle dengan standar higienitas dan kebersihan yang tinggi.