Berkeliling Kota Surabaya dengan Bus Gratis

Berkeliling Kota Surabaya dengan Bus Gratis


Berkeliling_Kota_Surabaya_dengan_Bus_Gratis.jpg


City tour atau tur dalam kota adalah ragam pariwisata yang kini eksistensinya mulai dihadirkan di beberapa kota besar di Indonesia. Bertujuan untuk mengenalkan juga meningkatkan demografi destinasi wisata dalam kota, city tour biasanya dijalankan dengan media bus tur. Surabaya adalah salah satu kota yang memiliki bus tur dalam kota.
 
  • Surabaya Heritage Track
Memiliki desain seperti trem, bus tur dalam kota Surabaya akan membawa Anda menjelajahi warisan Kota Surabaya di sekitar kawasan kota tua dan wilayah utara kota. Surabaya Heritage Track (SHT) sebetulnya dimiliki oleh salah satu pabrik penghasil rokok terbesar di Indonesia. Sehingga, start point atau titik mulai perjalanan bus tur dalam kota ini berada di museum perusahaan tersebut. Bus ini akan membawa Anda berkeliling Kota Surabaya selama satu hingga satu setengah jam untuk berbagai tema dan trayek yang berbeda-beda.
 
  • Jadwal perjalanan tur
Surabaya Heritage Track (SHT) beroperasi setiap Selasa sampai Minggu, mulai pukul 10 pagi hingga 3 sore dengan aturan satu rute satu kali perjalanan dalam sehari. Jadwal perjalanan bus ini terbagi ke dalam dua klasifikasi, yakni hari kerja (Selasa sampai Kamis) dan akhir pekan (Jumat sampai Minggu). Perjalanan SHT pada hari kerja akan melewati rute bertema Surabaya Kota Pendidikan, Surabaya Kota Pahlawan, dan Surabaya Kota Perdagangan. Sedangkan perjalanan SHT pada akhir pekan akan melewati rute dengan judul Kampung dari Seberang, Surabaya Kampung Metropolitan, dan Babad Surabaya.
 
  • Rute bus
Dilansir dari situs pelaksananya, bus bertema Surabaya Kota Pendidikan akan membawa Anda dari Telkom Garuda menuju Kampung Lawas Maspati hingga ke Sekolah Ongko Loro setiap pukul 10 pagi. Bus dengan rute Surabaya Kota Pahlawan akan membawa Anda mengunjungi Taman Sejarah dan Tugu Pahlawan setiap pukul 1 siang. Sementara bus dengan Surabaya Kota Perdagangan akan membawa Anda mengelilingi Menara Syahbandar dan Pasar Pabean (ekspor dan impor) setiap pukul 3 sore.

Bus dengan judul Kampung dari Seberang akan membawa Anda mengelilingi Chinatown (Kampung Cina) sampai Kampung Ampel setiap pukul 10 pagi. Bus dengan rute Surabaya Kampung Metropolitan akan mengantarkan Anda ke Kampung Peneleh sampai Kampung Ketandan setiap pukul 1 siang. Sedangkan bus dengan rute Babad Surabaya akan membawa Anda ke Kampung Kraton dan Kampung Bubutan setiap pukul 3 sore.

Bus tur Surabaya Heritage Track bisa Anda coba dengan percuma alias gratis dengan mendaftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum kunjungan. Jika Anda menginap di hotel di Gubeng Surabaya, maka lokasi start point bus ini bisa Anda tempuhnya hanya  dalam 20 menit perjalanan saja.