Datang ke Hotel Terlalu Awal

Datang ke Hotel Terlalu Awal, Bisakah Langsung Check-In?


Ada satu hal yang pasti harus Anda siapkan saat ingin pergi berbisnis maupun wisata ke luar kota, yaitu hotel sebagai tempat menginap. Apalagi jika untuk sampai ke lokasi tujuan menghabiskan waktu tempuh cukup panjang, melakukan booking hotel sebelum keberangkatan sangat wajib.

Namun, bagaimana jika karena suatu hal Anda jadi tiba di lokasi hotel lebih awal dari waktu check-in yang ditentukan oleh hotel? Dengan kondisi seperti ini, early check-in bisa menjadi pilihan tepat.

Sesuai namanya, early check-in adalah istilah yang digunakan untuk proses check-in lebih awal dari waktu yang ditentukan oleh hotel. Untuk prosedurnya sendiri tidak sulit, Anda hanya perlu menginformasikan pada pihak hotel bahwa Anda ingin melakukan check-in lebih awal. Setelah itu, Anda sudah bisa langsung menikmati waktu istirahat di kamar yang sudah di booking sebelumnya.

Sayangnya, tidak semua hotel menyediakan fasilitas ini. Banyak yang sama sekali tidak menyediakan, memperbolehkan asal pengajuan dilakukan beberapa hari sebelumnya, atau karena kamar yang di booking masih dihuni tamu. Jika kondisinya seperti ini maka Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:
 

  • Mengajukan perubahan kamar

Jika kamar yang Anda booking ternyata tidak bisa early check-in karena masih terisi, maka Anda bisa coba mengajukan untuk kamar lain yang tersedia. Mungkin kamarnya memang kurang sesuai keinginan Anda, tapi bukankah tetap lebih baik daripada tidak bisa beristirahat saat menunggu waktu check-in. Apalagi jika Anda sampai masih sangat pagi.
 

  • Menitipkan barang bawaan

Jika Anda tetap ingin kamar sesuai dengan yang di-booking atau kebetulan semua kamar penuh, maka Anda bisa menitipkan barang pada resepsionis. Misalnya Anda menginap di Harris hotel di Bekasi, maka Anda bisa menitipkan barang. Jika Anda tetap ingin kamar sesuai dengan yang di-booking atau kebetulan semua kamar penuh, maka Anda bisa menitipkan barang pada resepsionis. Jadi Anda tidak perlu repot membawa barang-barang tersebut saat berkeliling menghabiskan waktu. Misalnya Anda menginap di Harris hotel di Bekasi, maka Anda bisa menitipkan barang dan kemudian berjalan-jalan di Summarecon Mall Bekasi untuk menghabiskan waktu.
 

  • Menikmati fasilitas hotel

Jika hotel yang Anda pilih memiliki beragam fasilitas, maka Anda bisa memanfaatkannya sambil menunggu waktu check in. Atau Anda juga bisa menikmati beragam kuliner yang tersedia di restoran hotel. Jadi perut kenyang dan Anda juga tidak perlu ke mana-mana kan?

Namun, untuk mengantisipasi hal ini ada baiknya jika sejak awal Anda sudah mengajukan early check in pada pihak hotel. Jadi seandainya Anda benar-benar datang lebih awal, hal ini bukan lagi masalah.