Dwarapala

Dwarapala, Patung Penjaga Bangunan Suci di Bali


Ada banyak sekali jenis patung yang ada di Bali. Wajar saja, mengingat mayoritas masyarakat yang tinggal di Pulau Bali beragama Hindu. Namun, berbagai patung yang ada di Bali ini bukanlah patung sembarangan. Setiap patung yang ada di rumah, hotel di Bali, hingga tempat beribadah dan bangunan suci di Bali memiliki nama dan fungsinya masing-masing.

Salah satu patung yang akan sering Anda temukan saat berada di Bali adalah Patung Dwarapala. Patung apakah itu dan apakah fungsi dari patung tersebut? Berikut ini adalah penjelasannya.

Patung Dwarapala adalah patung yang akan selalu ada di gerbang masuk bangunan suci. Memiliki fungsi sesuai dengan asal namanya, yaitu dwara yang artinya gerbang dan pala yang artinya pelindung, sehingga bisa dikatakan patung ini berfungsi sebagai pelindung atau penjaga gerbang.

Sebagai pelindung, Dwarapala tentulah memilih bentuk yang terlihat gagah dan agak menyeramkan. Meskipun ekspresinya sedang tersenyum, tetapi Dwarapala memperlihatkan mata yang melotot lengkap dengan taring panjang. Sehingga tetap terlihat menyeramkan. Tidak hanya itu, Dwarapala juga membawa sebuah senjata berbentuk gada.

Ada satu hal yang unik mengenai senjata yang dibawa oleh Dwarapala ini, bukan terletak pada senjatanya, melainkan pada posisi arah gada yang dibawa. Jika gada mengarah ke bawah, artinya bangunan suci yang ada di belakangnya boleh dimasuki oleh siapa saja. Atau bisa dikatakan, Dwarapala menyambut siapapun yang masuk dengan baik tetapi tetap akan mengambil tindakan jika ada yang masuk dan mengacau. Sementara untuk Dwarapala dengan gada yang mengarah ke atas, artinya tidak semua orang diizinkan masuk ke dalam area suci yang dilindungi.

Ekspresi wajah Dwarapala yang terlihat menyeramkan ini ditujukan untuk mengingatkan umat yang akan memasuki bangunan suci agar selalu introspeksi diri. Mensucikan diri, termasuk membersihkan hati dan pikiran sebelum masuk ke dalam bangunan suci yang dijaga.

Selain di Bali, Dwarapala juga ditemukan ada pada bangunan suci umat Hindu maupun Buddha di Pulau Jawa dan daerah lainnya. Hanya saja, mungkin bentuk dari Dwarapala akan berbeda tergantung pada lokasi tempatnya berada.