Hal Menarik Sungai Kapuas

Hal Menarik Sungai Kapuas, Sungai Terpanjang di Kalimantan


Siapa sih yang tidak tahu atau belum pernah mendengar nama Sungai Kapuas? Sungai yang merupakan sungai terpanjang di Kalimantan ini sudah sangat terkenal tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di berbagai negara lain. Mengapa demikian?

Berikut ini adalah berbagai hal menarik sungai ini yang mungkin bisa membantu menjawab pertanyaan tersebut.
 

  • Sungai terpanjang

Panjang sungai ini mencapai 1.143 Km dan merupakan sungai terpanjang di Indonesia dan mengalir melalui banyak kabupaten di Kalimantan Barat, diawali dari Kabupaten Putussibau dan berakhir di Pontianak. Mengenai lebar dari sungai ini sangat beragam tergantung dari daerah yang dilaluinya. Air yang mengalir dari sungai ini berasal dari Pegunungan Muller. Ada hal yang sangat istimewa dari sungai ini, yaitu airnya yang tidak pernah kering sekali pun Kalimantan sedang dilanda kemarau panjang.
 

  • Habitat ikan

Sungai ini tidak hanya menjadi habitat ikan-ikan yang biasa ditemukan di sungai pada umumnya, tetapi juga habitat untuk banyak spesies ikan yang sudah terancam punah. Diperkirakan ada sekitar 700 spesies ikan yang ada di sungai ini, termasuk juga ikan langka yang berkembang biak di sungai ini.
 

  • Sumber penghasilan

Sungai Kapuas merupakan salah satu lokasi yang menjadi sumber penghasilan masyarakat Pontianak. Dari mulai profesi nelayan yang menangkap ikan di sungai ini, sampai profesi transportasi air yang juga berfungsi sebagai wisata untuk para wisatawan yang datang ke area sungai ini. Biasanya, wisatawan akan menyempatkan diri datang ke Taman Alun Kapuas sebelum kembali ke hotel di Pontianak tempat mereka menginap. Sebab di area inilah mereka bisa menaiki kapal wisata yang akan mengantarkan untuk menikmati suasana Sungai Kapuas.
 

  • Menjadi logo Pontianak

Pernahkah Anda memperhatikan logo dari Kota Pontianak? Jika Anda memperhatikan, Anda bisa melihat ada gambar menyerupai huruf “Y” pada bagian tengahnya. Ternyata gambar tersebut sebenarnya menggambarkan salah satu bagian Sungai Kapuas.

Sungai Kapuas juga menyimpan banyak sekali mitos yang beberapa di antaranya masih sangat dipercaya masyarakat sekitar. Apapun mitosnya, ada baiknya jika Anda menghargai kepercayaan mereka dan jangan coba-coba mengusiknya ya! Semoga informasi di atas bermanfaat.