Pernikahan di Masa Pandemi

Hal-hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Melangsungkan Pernikahan di Masa Pandemi


Menikah di masa pandemi memang dianggap lebih praktis dibanding tahun-tahun sebelumnya karena calon pengantin hanya perlu mengundang orang terdekat saja. Hal ini tentu berpengaruh terhadap jumlah makanan yang disediakan, pemilihan tempat, hingga busana yang akan dikenakan.

Namun demikian, jika Anda berencana melangsungkan pernikahan, khususnya di tengah pandemi, maka ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu demi menjaga kelancaran pernikahan serta menekan penyebaran virus COVID-19. Berikut di antaranya:
 

1. Tempat pernikahan

Lokasi pernikahan menjadi salah satu hal yang wajib disiapkan sebelum melangsungkan acara pernikahan. Untuk itu, penting bagi Anda untuk menentukan lokasi atau tempat pernikahan yang tepat, terlebih di masa pandemi seperti sekarang. Sebaiknya carilah lokasi yang masuk dalam zona hijau serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Jika memang tidak memungkinkan menikah di gedung, maka menikah di rumah bisa menjadi pilihan terbaik.
 

2. Jumlah tamu undangan

Pertimbangkanlah jumlah tamu yang datang ke pernikahan Anda, sebaiknya jangan terlalu banyak dan tetap patuhi aturan yang diberlakukan oleh pemerintah. Melansir dari id.theasianparent.com, terdapat tiga poin penting yang wajib untuk dipatuhi, yakni memastikan semua tamu yang hadir dalam kondisi sehat & negatif COVID-19, membatasi jumlah tamu undangan yang datang maksimal 20% dari kapasitas ruang dan tidak boleh lebih dari 30 orang, serta pernikahan diadakan dengan waktu seefisien mungkin.
 

3. Fasilitas protokol kesehatan

Pastikan menyediakan berbagai fasilitas protokol kesehatan yang memadai ketika Anda melangsungkan pernikahan. Fasilitas tersebut mencakup hand sanitizer, sabun cuci tangan, wastafel yang mudah dijangkau, thermometer untuk mengukur suhu tubuh tamu, hingga menyediakan masker cadangan dan face shield untuk tamu & vendor. Jika acara pernikahan Anda diadakan di rumah, maka semprot terlebih dahulu rumah dengan disinfektan.
 

4. Tes COVID-19 & dompet digital

Untuk memastikan kelancaran acara pernikahan, maka sediakanlah biaya tambahan untuk mengadakan rapid test untuk tamu undangan yang menghadiri pesta pernikahan serta vendor yang terlibat di acara pernikahan Anda. Pastikan untuk tidak mengundang tamu yang berisiko seperti yang sudah berusia lanjut, ibu hamil, anak balita, hingga orang-orang yang sakit.

Dan untuk mencegah sentuhan, maka Anda disarankan menyediakan dompet digital untuk menampung hadiah dari para tamu undangan yang datang. Supaya tidak kaget, informasikan terlebih dahulu mengenai dompet digital tersebut sebelum acara pernikahan berlangsung.

Selain itu, Anda juga penting menyiapkan cincin pernikahan untuk mengikrarkan janji suci pernikahan Anda bersama pasangan tercinta.
 

Demikian beberapa hal penting yang perlu Anda siapkan sebelum melangsungkan acara pernikahan di tengah pandemi. Supaya aman, pastikan lokasi pernikahan seperti tempat wedding Semarang atau kota lainnya yang Anda pilih menerapkan protokol kesehatan yang ketat guna menekan penyebaran virus.