Kepulauan Derawan

Sudah Ke Kalimantan Timur, Jangan Sampai Melewatkan Kepulauan Derawan

Kepulauan_Derawan.jpg


Bicara soal destinasi wisata alam, Provinsi Kalimantan Timur tentu tidak bisa dilewatkan begitu saja. Pasalnya, wilayah ini memiliki segudang tujuan rekreasi buana yang elok. Mulai dari Sungai Mahakam yang menyisiri tepi hotel Samarinda, Air Terjun Pinang Seribu dan Tanah Merah yang berlokasi hanya belasan kilometer dari pusat kota, sampai Kepulauan Derawan yang menawan terletak di provinsi ini.

Kepulauan Derawan
Kepulauan Derawan merupakan sebuah gugusan pulau yang secara administratif berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Rangkaian pulau ini terdiri dari puluhan pulau-pulau kecil, namun sejauh ini baru Pulau Derawan, Pulau Maratua, Pulau Kakaban, dan Pulau Sangalaki yang kerap masuk ke dalam rencana perjalanan wisatawan baik domestik maupun internasional. 

Untuk mencapai kepulauan ini dari Kota Samarinda, Anda perlu menempuh perjalanan udara menuju Bandara Kalimarau, Berau, kemudian perjalanan darat dengan mobil menuju Pelabuhan Tanjung Batu, Berau, dan terakhir perjalanan laut dengan speedboat menuju Dermaga Pulau Derawan, Total perjalanan yang akan Anda tempuh untuk ekspedisi ini kurang lebih 4 jam.

Menikmati Derawan, Maratua, Kakaban, dan Sangalaki
Ada banyak aktivitas yang bisa Anda nikmati di wilayah kepulauan ini. Entah mengikuti kelompok tur atau menyewa kapal masyarakat secara mandiri, Anda bisa melakukan wisata ekosistem bahari, penyelaman, snorkelling—ataupun kombinasi ketiganya di berbagai jenis air.

Anda bisa memulai perjalanan hopping island Anda dari Pulau Derawan menuju Perairan Taliyasan. Kawasan ini merupakan satu dari enam habitat hiu paus (whale shark) yang ada di Indonesia. Selesai bertemu spesies laut ini, Anda bisa snorkelling di Labuan Cermin yang merupakan danau dengan kandungan air dua rasa. Permukaan danau ini memiliki air asin dan dasar danau memiliki air tawar. Oleh karenanya, danau ini dapat memantulkan sinar matahari hingga ke dasarnya. Sebagai akibatnya, air yang ada di danau ini terlihat amat sangat jernih, dan dari situlah nama Labuan Cermin berasal.

Keesokan harinya, Anda bisa mengunjungi Pulau Maratua sebagai titik menyelam terbaik di Kepulauan Derawan. Di spot ini Anda bisa menemui barakuda, hiu, bahkan ikan martil—bila beruntung. Setelahnya Anda dapat mengunjungi Gua Haji Mangku yang memiliki air berwarna biru toska. Sebetulnya, Haji Mangku merupakan danau yang terisi dengan air payau, namun aksesnya yang seperti lubang besar membuatnya dikenal sebagai gua.

Di Pulau Kakaban, Anda juga dapat melakukan snorkelling di air laut ataupun danau. Titik terunik di pulau ini adalah Tebing Kakaban, yang merupakan tempat berkumpulnya ubur-ubur jinak. Di sini, Anda bisa berenang bersama ratusan hewan laut ini. Selepas bertemu ubur-ubur, Anda bisa bergerak ke Pulau Sangalaki yang terkenal sebagai habitat ikan pari manta. Anda juga bisa melakukan kegiatan penyelaman di wilayah ini.

Bagaimana? Apakah Kepulauan Derawan terdengar cukup menarik?