Kuliner untuk Acara Pernikahan Adat Sunda

Rekomendasi Kuliner untuk Acara Pernikahan Adat Sunda


Saat memutuskan untuk menggunakan adat Sunda dalam acara pernikahan, tentu ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Pertama adalah rangkaian acara adatnya, kedua mengenai penentuan lokasi tempat wedding Bandung yang sesuai dengan kriteria, dan ketiga mengenai kuliner yang akan disajikan untuk para tamu. Ya, agar nuansa Sunda lebih terasa, tak ada salahnya untuk memilih makanan yang memang khas Sunda pula. Untuk itu, berikut kami berikan beberapa rekomendasi kuliner yang bisa dijadikan pilihan:

1. Nasi Tutug Oncom. Sebagai variasi untuk makanan berat, alih-alih menyediakan nasi putih atau nasi goreng, kamu bisa memilih Nasi Tutug Oncom sebagai opsinya. Nasi Tutug Oncom merupakan perpaduan antara nasi dengan oncom goreng atau bakar yang diaduk hingga menyatu sempurna. Makanan ini merupakan menu khas Sunda yang biasa dikonsumsi dengan lauk pauk seperti tempe goreng, ikan asin, serta ayam goreng.

2. Karedok. Menu lain yang tak kalah nyunda untuk disajikan dalam acara pernikahanmu adalah karedok! Ya, makanan yang terbuat sayuran segar dengan saus kacang ini memang bisa menerbitkan selera makan siapapun yang melihatnya. Karedok tak hanya bisa dijadikan sebagai makanan pendamping nasi, tetapi juga bisa dimakan langsung sebagai makanan berat, lho. Cocok sekali untuk disajikan bagi para tamu yang vegetarian.

3. Sayur Asem. Kuliner khas Sunda belum lengkap rasanya tanpa kehadiran sayur asem. Sesuai dengan namanya, sayur ini memang memiliki rasa asem dan juga segar. Biasanya sayur asem ini dikonsumsi dengan menambahkan sambal ke dalam kuahnya, yang menciptakan rasa pedas, gurih, dan nikmat. Mengonsumsi sayur asem dengan nasi hangat dijamin akan memuaskan rasa lapar dari para tamu yang datang.

4. Ayam Goreng Bumbu Lengkuas. Untuk menu lauknya, ayam goreng merupakan opsi yang terbaik. Pasalnya, ayam goreng ini bisa menjadi teman makan yang nikmat karena bisa dicocol dengan sambal. Sebagai variasi, kamu bisa memilih ayam goreng bumbu lengkuas yang kaya akan rasa serta aroma. Tampilannya mirip dengan ayam kremes, hanya saja bumbu lengkuasnya pasti akan membuat rasa ayam lebih gurih.

5. Lalapan dan Sambal. Jangan lupa sediakan lalapan serta sambal untuk menambah kenikmatan makan para tamu. Kamu bisa menyediakan sayur lalapan seperti rebusan labu, selada, kol, dan juga timun yang kemudian akan dicocol pada sambal terasi pedas nan nikmat.

6. Surabi Bandung. Surabi Bandung cocok sekali untuk dijadikan dessert dalam acara pernikahanmu. Sebab camilan yang populer di Bandung ini memang memiliki rasa yang khas. Perpaduan rasa gurih dari tepung beras dan santan ini berpadu dengan manisnya pandan serta kuah gula. Dulunya, surabi Bandung hanya memiliki varian original dan oncom saja. Namun demikian, sekarang ini sudah ada banyak sekali varian rasa yang bisa kamu pilih sesuai selera.

Nah, itu dia rekomendasi kuliner untuk disajikan pada pernikahan adat Sunda yang akan kamu adakan.

Patut diperhatikan pula bahwa di tengah Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang berlaku di masa pandemi COVID-19, ada banyak penyesuaian yang harus kamu patuhi. Salah satunya adalah protokol yang wajib diterapkan ketika mengadakan pesta pernikahan. Misalnya, pelaksanaan resepsi hanya boleh diisi oleh 50% dari kapasitas ruangan, tamu yang datang diwajibkan melalui proses pengecekan suhu tubuh, menyediakan handsanitizer atau air mengalir serta sabun untuk mencuci tangan, tidak ada kontak fisik dengan mempelai, dan masih banyak lagi. Perhatikan dengan baik protokolnya dan jangan sampai ada yang terlewat. Semoga bermanfaat!