Wisata Tersembunyi di Kota Solo

Yuk, Kunjungi Wisata Tersembunyi di Kota Solo Ini!


“Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui”. Itulah pribahasa yang cocok disematkan pada kota Solo. Pasalnya, jika Anda berkunjung ke kota ini, maka hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 jam atau bahkan hanya 1 jam saja Anda sudah bisa mengunjungi banyak tempat wisata sekaligus. Ini tentu sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin mengunjungi banyak tempat wisata di kota Solo.

Jika tidak mau ke pantai, Anda bisa mengunjungi beberapa wisata tersembunyi yang ada di kota Solo berikut, yakni:
 

1. Grojogan Sewu

Tertarik melihat keindahan air terjun yang dikelilingi hutan belantara? Anda disarankan mengunjungi Grojogan Sewu yang terletak di lereng Gunung Lawu, Solo, Jawa Tengah. Biasanya, kawasan wisata satu ini baru dibuka pukul 06:00 AM dan tutup sekitar 17.00 PM. Tapi, sebaiknya datanglah sebelum jam buka wisata supaya Anda bisa merasakan kesejukan udara yang terdapat di sekitar air terjun. Biaya tiket masuk ke tempat wisata ini adalah sekitar Rp. 17.000,- per orang.
 

2. Tahura Mangkunagoro I

Tahura Mangkunagoro I atau dikenal dengan Taman Hutan Mangkunagoro I merupakan salah satu wisata alam yang menjadi kebanggaan kota Solo. Di kawasan wisata ini, Anda tidak hanya bisa melihat keindahan alam yang disuguhkan, namun juga bisa mempelajari banyak hal menarik terkait sumber mata air, spesies fauna, keberadaan candi, hingga taman bunga.

Selain itu, bisa pula melihat keindahan Cemara Bulus yang berbentuk arca, yang mana konon katanya arca ini berkaitan erat dengan situs purbakala, Sendang Raja yang memiliki mata air sangat jernih, taman bermain untuk anak, dan masih banyak yang lainnya. Hanya dibutuhkan sekitar Rp. 1000,- saja untuk menjelajahi kawasan wisata ini. Selebihnya, Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk biaya parkir kendaraan, yakni sepeda motor Rp. 3.000,- dan mobil Rp. 5.000,-.
 

3. Geopark Batu Seribu

Jika berkunjung ke kota Solo, jangan sampai melewatkan wisata Geopark Batu Seribu. Kawasan wisata satu ini memiliki sumber mata air, yang mana konon katanya tidak pernah mengalami kekeringan meski saat musim kemarau sekalipun dan disebut dengan Sumber Pacinan.

Selain menjadi sumber mata air, kawasan wisata satu ini juga memiliki pusat pemandian, panggung kesenian, tentu ditambah dengan udara sejuk yang mengelilingi kawasan wisata ini. Lokasi dari wisata ini adalah di Jl. Raya Krisakelir KM.7, Tiyaran, Sukoharjo, Solo.
 

Tak hanya kawasan-kawasana wisata di atas, Anda juga disarankan mengunjungi beberapa destinasi wisata berikut, di antaranya:

- Air Terjun Jumog

- Grojogan Sewu

- Parang Ijo

- Bukit Sekipan

- Goa Gong


Wah, banyak sekali ya ternyata wisata tersembunyi yang ada di kota Solo. Bagi Anda yang berencana mengunjungi destinasi wisata tersebut, maka sangat disarankan untuk selalu memerhatikan protokol kesehatan dan menerapkan 3M, yakni Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak dengan orang lain.

Jika memilih menginap di beberapa hotel di Solo, sebaiknya carilah hotel yang menetapkan peraturan ketat terkait virus COVID-19. Salah satu hotel yang bisa dipilih adalah HARRIS Hotel. Demi menjaga keamanan sekaligus kesehatan para tamu yang menginap di hotelnya, pihak HARRIS Hotel secara berkala melakukan sanitasi di tempat umum yang sering disentuh tamu, meningkatkan aktivitas pembersihan di seluruh kamar hotel, menyediakan transaksi digital, dan lain sebagainya.