Liburan di Pontianak

Liburan di Pontianak, Ketahui Dulu Fakta Unik Ini!

Liburan_di_Pontianak.jpgSource: Unsplash
 
Ibukota provinsi Kalimantan Barat ini memiliki berbagai fakta unik yang mungkin saja belum banyak diketahui oleh banyak orang, khususnya yang tidak berdomisili di Pontianak. Bagi Anda yang tertarik mengunjungi kota ini dan berniat menginap di hotel di pontianak, maka simak dulu beberapa fakta unik yang tersimpan di balik kota satu ini, di antaranya adalah sebagai berikut:

Dilalui garis Khatulistiwa 
Seperti diketahui, Pulau Kalimantan sendiri dilewati garis Khatulistiwa. Garis lintang 00 melintas langsung di atas kota Pontianak, Kalimantan Barat sehingga membuat kota ini terkenal sebagai Khatulistiwa-nya Indonesia. Bahkan, sebagai penanda, dibangunlah Tugu Khatulistiwa yang berdiri sejak tahun 1928. Yang menarik, di sekitar tugu, banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi ketika liburan di Pontianak seperti Alun-alun Kapuas, Kelenteng Tua Pek Kong, Museum Negeri Pontianak, ParadisQ Waterpark, Taman Nasional Gunung Palong, dan lain sebagainya.

Memiliki sungai terpanjang di Indonesia 
Salah satu kota yang memiliki sungai terpanjang di Indonesia adalah Pontianak. Sungai yang membelah kota Pontianak dan melintasi 5 kawasan di Pulau Kalimantan ini dikenal sebagai Sungai Kapuas. Sungai ini memiliki panjang sekitar 1.143 km dengan lebar sekitar 70 – 150 meter. Sebutan awal dari sungai ini diambil dari daerah Kapuas Hulu yang mengaliri aliran Sungai Kapuas.

Terdapat kawasan “Ngopi” yang sangat populer 
Di kota Pontianak, budaya ngopi sudah menjadi ciri khas masyarakatnya. Oleh karena itu, ketika Anda mengunjungi kota satu ini maka jangan kaget jika menemukan banyak sekali warung kopi. Bahkan, terdapat kawasan ngopi yang paling populer, yakni Jl. Gajahmada. Di mana, jalan ini dijadikan sebagai kawasan wisata warung kopi oleh Pemkot Pontianak dan mendapat gelar sebagai “Coffee Street”.

Mempunyai perayaan “Meriam Karbit” 
Meriam karbit merupakan salah satu festival yang kerap dirayakan di kota Pontianak. Biasanya, saat perayaan berlangsung, meriam karbit dengan ukuran yang sangat besar dengan diameter 1 meter diledakkan di udara sehingga mampu menciptakan suara yang sangat menggelegar. Peledakan meriam ini umumnya dilakukan di pesisir Sungai Kapuas.

Bagaimana? Apakah Anda sudah tahu fakta unik yang dimiliki kota Pontianak ini? Jika belum, jangan lupa cari tahu dulu sebelum ke sana, ya!