Taman Nasional Terkenal di Kalimantan

Liburan ke Taman Nasional Terkenal di Kalimantan, Yuk!


Ada cukup banyak kawasan wisata yang bisa kamu kunjungi jika berlibur ke Kalimantan, salah satunya Taman Nasional. Taman Nasional merupakan kawasan pelestarian yang dikelola dengan sistem zonasi dan dijadikan sebagai tempat perlindungan flora dan fauna. Di Kalimantan sendiri terdapat beberapa Taman Nasional yang bisa didatangi,  di antaranya:
 

1. Taman Nasional Bukit Baka

Taman yang memiliki luas wilayah sekitar 181.900 hektar ini terletak di pegunungan Muller dan Swener, perbatasan antara Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Taman ini dihuni oleh habitat satwa yang dilindungi misalnya badak Sumatra, kijang, ayam hutan, beruang madu, bekantan, kancil, dan lainnya. Dan ada juga beberapa jenis flora seperti anggrek hutan, ramin, jelutung, pohon palem, dan lain sebagainya.
 

2. Taman Nasional Kayan Mentarang

Taman Nasional Kayan Mentarang merupakan hutan pegunungan dan hutan dataran rendah yang selalu ditutupi oleh kabut tebal. Taman ini mempunyai luas wilayah sekitar 1.360.900 hektar dan berlokasi di Kalimantan Utara. Terdapat beberapa jenis flora yang dilindungi di taman ini seperti gaharu, kayu ulin, meranti, pohon jelutung, dan lain sebagainya. Sedangkan, untuk faunanya yakni ayam hutan, macan dahan, gajah kalimantan, kijang, bekantan, hingga orang utan.
 

3. Taman Nasional Sebangau

Berlokasi di Kalimantan Tengah, Taman Nasional Sebangau ini memiliki luas lahan sekitar 568.700 hektar dan meliputi beberapa kabupaten dan kota di antaranya Palangkaraya, Palang Pisau, dan Katingan. Di taman ini, ada begitu banyak habitat satwa yang dilindungi seperti buaya muara, monyet ekor panjang, owa, macan dahan, beruang madu, bekantan, burung rangkong, dan orang utan. Sementara, untuk flora, ada kapur naga, jelutung, meranti, ramin, dan beraneka ragam anggrek.
 

4. Taman Nasional Kutai

Taman Nasional Kutai ini terletak di Kalimantan Timur atau tepatnya berlokasi di Kutai Timur. Taman ini memiliki luas lahan sekitar 198.629 hektar dan merupakan ekosistem dari vegetasi hutan hujan tropis, hutan dataran tinggi, dan hutan dataran rendah. Sama halnya dengan taman lainnya, ada banyak sekali flora yang dilindungi di taman ini seperti kayu ulin, gaharu, jelutung, bakau, mangrove, dan lain-lain. Selain flora, taman ini juga melindungi beberapa satwa seperti buaya muara, pesut mahakam, kijang emas, macan dahan, beruang madu, bekantan, dan orang utan.
 

Itulah dia beberapa Taman Nasional yang bisa dikunjungi di Pulau Kalimantan. Jika kamu berencana mengunjungi taman nasional tersebut, maka tetap patuhi protokol kesehatan dan menerapkan 3M, Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak. Selain itu, pilih lokasi penginapan yang menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat, salah satunya HARRIS Hotel di Pontianak. HARRIS Hotel selalu berkomitmen untuk menomorsatukan kesehatan tamu-tamunya yang akan menginap.

Menjaga kebersihan kamar hotel, melakukan desinfektan secara rutin, menyediakan hand sanitizer di setiap sudut area di hotel, melarang tamu berkerumun, dan masih banyak yang lainnya.

Selamat liburan di Kalimantan, ya!