Makanan Khas Samarinda Ini Wajib Dicoba

Makanan Khas Samarinda Ini Wajib Dicoba

makanan_khas_samarinda.png

Samarinda yang merupakan ibukota dari provinsi Kalimantan Timur ini merupakan kota terbesar di Kalimantan. Selain memiliki beragam objek wisata yang akan sangat rugi bila dilewatkan, Samarinda juga mempunyai berbagai kuliner khas yang lezat untuk dicicipi bagi para pengunjungnya. Berikut ini adalah di antaranya:
 
  • Ayam Cincane
Memang makanan yang satu ini tidak begitu berbeda dalam hal visual jika dibandingkan dengan balado bakar pada umumnya. Namun, jika membicarakan tentang rasa ayam cincane yang merupakan makanan khas kota Samarinda ini memiliki cita rasa yang berbeda dan juga lebih kaya dibandingkan ayam balado pada umumnya. Hal ini dikarenakan ayam cincane menggunakan bumbu-bumbu khas terutama dari segi remah yang dilumuri terlebih dahulu sebelum dibakar. Ayam cincane juga memiliki tekstur yang lebih lembut karena melewati proses perebusan terlebih dahulu sebelum dibakar.
 
  • Nasi Bekepor
Makanan khas Samarinda yang selanjutnya adalah nasi bekepor yang cukup sulit untuk dicari di luar daerah Samarinda. Nasi bekepor ini awalnya lebih dikenal sebagai makanan utama untuk kerajaan Kutai Kartanegara. Kuliner yang satu ini disajikan dengan sambal raja, sebuah perpaduan enam jenis sambal khas Kalimantan Timur yang dijadikan satu.
 
  • Bubur pedas
Bubur yang ditawarkan oleh Samarinda ini cukup berbeda bila disandingkan dengan bubur yang dijual pada umumnya. Hal ini dikarenakan bubur khas Samarinda menggunakan beras yang disangrai dengan kelapa parut, lalu kemudian dimasak di dalam air mendidih bersama tetelan daging dan sayuran. Yang memberikan sensasi pedas pada bubur ini bukan datang dari cabai melainkan daun kesum yang juga memberikan harum yang menyengat dan juga sedikit rasa asam.
 
  • Soto banjar
Salah satu makanan berkuah khas dari kota Samarinda adalah soto banjar yang terdiri dari ayam yang telah disuwir kecil-kecil perkedel kentang, soun rebus dan juga potongan telur serta daun seledri. Menyantap soto banjar ini tidak lengkap bila tidak disajikan bersama ketupat.

Nah demikianlah beberapa makanan khas kota Samarinda yang dapat kamu cicipi selama berkunjung dan menginap di hotel samarinda. Semoga bermanfaat dan selamat mencicipi!