Mengenal Pre-marital Check Up

Mengenal Pre-marital Check Up, Pemeriksaan Kesehatan yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Menikah


Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh calon pengantin menjelang hari bahagianya. Mulai dari tempat resepsi—apakah di rumah ataukah menyewa lounge pada sebuah hotel di Batam, menyiapkan foto prewedding, menyusun budget, katering, memilih cincin, membeli seserahan, dan masih banyak hal lainnya. Hanya saja, ada satu hal yang kerap terlewat, padahal cukup krusial jika dilewatkan: apalagi jika bukan pre-marital check up?

Pre-marital check up merupakan rangkaian pemeriksaan kesehatan yang penting dilakukan oleh pasangan yang hendak menikah. Melansir dari laman Hello Sehat, pemeriksaan ini sebaiknya dijalankan beberapa bulan sebelum tanggal pernikahan karena bertujuan untuk mencegah penularan penyakit kepada pasangan dan calon anak kelak. Pasalnya, dari hasil pemeriksaan ini dapat diketahui apakah terdapat penyakit genetik serta penyakit infeksi dan menular pada pasangan atau tidak. Tentunya, dengan mengetahui kondisi pasangan ini, Anda dapat merencanakan kesehatan keluarga dengan lebih baik lagi, mulai dari tindak pengobatan hingga pencegahan. Dengan demikian, risiko buah hati Anda tertular atau menerima penyakit bawaan dari kedua orang tuanya pun bisa dikurangi.

Ada banyak rangkaian yang termasuk ke dalam pre-marital check up, mulai dari pemeriksaan golongan darah, kelainan darah, penyakit genetik, kadar gula darah, penyakit menular, pemeriksaan penyakit kelainan saat kehamilan, dan masih banyak lagi. Mengingat pemeriksaan ini memakan biaya yang tak sedikit, disarankan bagi para calon pengantin untuk menyediakan dana terkait pemeriksaan yang ingin dilakukan. Patut diingat, pre-marital check up ini sangat bervariasi dan memiliki banderol harga yang berbeda, berdasarkan jenis pemeriksaannya.

Jika Anda memang memiliki budget lebih untuk pemeriksaan, tak ada salahnya untuk melakukan pengecekan organ reproduksi, terlebih bagi calon pengantin yang ingin segera melakukan program kehamilan. Pasalnya, memastikan kondisi organ reproduksi berada dalam kondisi yang sehat dan normal sangatlah membantu di kemudian hari. Pemeriksaan yang masuk ke dalam pengecekan ini adalah USG Transvagina, Histerosalpingografi atau HSG untuk pemeriksaan rahim, serta pemeriksaan saluran telur juga indung telur.

Nah, sekarang sudah tahu kan betapa pentingnya pre-marital check up? Untuk itu, sebelum menikah, jangan lupa luangkan waktu serta siapkan biaya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ini, ya. Tak hanya perempuan saja, pria juga perlu menjalani pemeriksaan, lho. Jadi, sebaiknya datang berdua dengan pasangan untuk melakukan pre-marital check up, ya. Semoga bermanfaat!