Nikah Hemat di Tengah Pandemi

Nikah Hemat di Tengah Pandemi, Kenapa Tidak?


Melansir dari cnnindonesia.com, pernikahan merupakan momen yang sangat sakral dalam hidup. Itulah sebabnya ikrar pernikahan tidak pernah terjadi secara tiba-tiba, tapi terencana dengan sangat baik agar pernikahan menjadi lebih berkesan dan kekal dalam ingatan. Bahkan, beberapa pasangan pun rela mengeluarkan lebih banyak uang hanya untuk membuat acara pernikahannya semakin meriah dan dihadiri oleh banyak tamu undangan.

Namun demikian, menikah di tengah pandemi seperti sekarang tentu saja berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, ada beberapa protokol kesehatan yang harus diperhatikan seperti tidak boleh mengundang terlalu banyak tamu undangan dan lainnya. Dengan begitu, kamu pun tentu bisa lebih berhemat dan tidak perlu mengeluarkan banyak dana untuk acara pernikahan.

Lantas, apakah kamu tertarik menikah hemat di tengah pandemi? Jika tertarik, disarankan menerapkan beberapa tips berikut, yakni:
 

1. Tentukan jumlah tamu undangan

Untuk mencegah supaya tamu undangan tidak membludak, sebaiknya tentukan terlebih dahulu jumlah tamu undangan yang diundang ke acara pernikahanmu. Disarankan kamu hanya mengundang keluarga, baik dari pihak perempuan maupun laki-laki serta teman dekat. Pastikan tamu yang hadir maksimal 20% dari kapasitas ruangan. Tujuannya, tentu saja untuk menghindari penyebaran virus sekaligus mencegah adanya kerumunan di acara pernikahanmu.
 

2. Pernikahan virtual

Jika tidak memungkinkan mengadakan resepsi pernikahan, maka mengadakan resepsi pernikahan virtual pun bisa menjadi bahan pertimbangan untukmu. Meski diadakan secara virtual, acara pernikahanmu akan tetap berlangsung khidmat dan pastinya dihadiri oleh lebih banyak tamu undangan.

Untuk biayanya sendiri tentu tidak terlalu mahal, terlebih sekarang banyak event organizer yang menyediakan paket intimate wedding. Di mana, kamu bisa mendapatkan dokumentasi, rias, dekorasi, virtual wedding, dan makanan dalam satu paket.
 

3. Akad nikah di rumah ibadah atau KUA

Supaya semakin hemat, sebaiknya akad nikah diadakan di KUA. Sementara, untuk acara makan-makan dan cengkeramannya, bisa kamu lakukan di rumah ataupun memilih restoran yang sudah dipesan terlebih dahulu. Tak hanya KUA, kamu juga bisa memilih rumah ibadah sebagai tempat menikah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan pastikan tamu yang hadir negatif COVID-19.

Atau, jika mau di tempat lain, maka sebaiknya pilihlah lokasi atau tempat yang aman untuk menikah dengan pasangan misalnya tempat wedding Bali, yang menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat supaya dapat mencegah penularan virus.
 

Itu dia tips-tips pernikahan hemat yang bisa kamu terapkan jika kamu berencana mengadakan acara pernikahan di tengah pandemi.

Selamat berbahagia, ya!