Pernikahan Identik Dengan Warna Putih

Ternyata Ini Alasan Pernikahan Identik Dengan Warna Putih


Warna apa yang rencananya akan Anda pakai di pesta pernikahan nanti? Untuk acara resepsi yang akan digelar di tempat wedding Solo mungkin akan menggunakan warna favorit. Misalnya warna pink, hitam, biru, kuning, dan sebagainya. Namun untuk acara utamanya, banyak yang memilih warna putih.

Ya, pernikahan memang identik dengan warna putih. Namun, tahukah Anda apa alasannya? Berikut ini penjelasannya!

Jepang merupakan salah satu negara yang sudah sejak lama menggunakan warna putih. Hal ini dikarenakan makna dari warna putih yaitu melambangkan kesucian jiwa dan raga. Bahkan, masyarakat Jepang juga menganggap warna ini adalah “sacred color of the God” atau warna suci para dewa. Makna dari warna putih inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa warna ini sesuai untuk pernikahan.

Namun, penggunaan warna putih untuk pernikahan belum menjadi trend seperti sekarang. Bahkan masyarakat dulu justru menghindari warna putih untuk gaun pernikahannya.

Melansir dari situs britannica.com, alasan menghindari warna putih karena warna ini mudah sekali kotor dan sulit dijaga kebersihannya. Padahal zaman dulu banyak orang yang menggunakan gaun pernikahan secara turun temurun. Sehingga memilih bahan dan warna yang awet sangatlah penting.

Namun, semua mulai berubah sejak pernikahan Ratu Victoria. Pada saat itu Ratu Victoria memilih mengenakan gaun berwarna putih. Sama halnya dengan pernikahan kerajaan zaman sekarang yang diliput oleh banyak media, begitu pula dengan pernikahan Ratu Victoria. Penggunaan gaun berwarna putih dalam pernikahan tersebut secara otomatis menjadi perbincangan masyarakat di berbagai negara, tidak hanya Inggris saja. Hingga akhirnya sampai saat ini gaun berwarna putih masih menjadi trend untuk pernikahan dengan tema internasional.

Warna putih yang saat ini digunakan tidak terbatas pada putih yang benar-benar putih atau pure white. Sebab saat ini banyak juga yang mulai menggunakan warna turunan dari putih, seperti ivory. Semuanya tergantung pada selera mempelai saja.

Meskipun pernikahan identik dengan warna putih, bukan berarti Anda tidak boleh memilih warna lainnya. Anda tetap boleh kok menggunakan warna favorit baik pada saat acara utama maupun resepsi. Jadi, jangan sampai memaksa menggunakan warna putih meski kurang menyukainya hanya karena mengikuti trend saja ya!