Pernikahan di Bali

Sebelum Mengadakan Pernikahan di Bali, Pertimbangkan Beberapa Hal Ini
 
Pernikahan-di-Bali.jpgSource: Unsplash
 
Bali memang memiliki daya tarik yang cukup magis, tak hanya sebagai tempat wisata tetapi juga sebagai tempat untuk melangsungkan pernikahan. Tak heran jika setiap wilayahnya menyediakan tempat wedding Bali khusus untuk para calon pasangan yang hendak mengikat janji suci. Bagi Anda yang bermimpi untuk mengadakan pesta pernikahan di Bali, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal ini dulu supaya acara bisa berjalan dengan lancar nantinya.

Hitung anggaran. Seperti yang Anda ketahui, melangsungkan pernikahan di Bali tidaklah murah. Ada banyak sekali hal yang harus dipersiapkan, Tak hanya dari segi dekorasi, biaya wedding organizer, atau biaya sewa tempat, tetapi juga biaya akomodasi, penginapan, atau bahkan tiket pesawat bagi anggota keluarga yang berada di luar Bali. Pastikan budget yang dimiliki sesuai dengan budget untuk melangsungkan pernikahan impian Anda. Jadi, baiknya persiapkan hitungan ini matang-matang, ya!

Tentukan lokasi yang diinginkan. Bali memiliki berbagai lokasi pernikahan yang menawan, entah itu di tepi sawah, di kebun, di atas tebing, atau bahkan di lokasi yang menghadap ke laut. Tentukan lokasi pernikahan yang diinginkan agar Anda bisa memilih vendor yang sesuai.

Vendor terpercaya. Setelah mengetahui lokasi yang diinginkan, kini saatnya memilih vendor. Biasanya, setiap tempat yang sering digunakan untuk pesta pernikahan sudah bekerja sama dengan vendor tertentu. Jika memang masuk ke budget, Anda bisa memilih vendor-vendor ini. Atau, jika memang tidak ingin repot. Bisa juga menyewa jasa wedding organizer yang akan membantu mengurus segala detail terkait pesta pernikahan Anda.

Cek prediksi cuaca. Untuk Anda yang ingin melaksanakan pernikahan di luar ruangan, ada satu hal yang patut diperhatikan saat hendak memilih tanggal acara: cek prediksi cuaca. Musim hujan di Bali biasanya jatuh di bulan November sampai Februari, sementara bulan Maret sampai Oktober adalah musim kemarau sehingga sangat tepat untuk menjadi tanggal penyelenggaraan pernikahan. Namun, untuk berjaga-jaga, cek prakiraan cuaca di tanggal yang diinginkan juga, ya!

Perizinan. Terakhir, jangan lupa siapkan dokumen perizinan yang sekiranya dibutuhkan. Mulai dari izin keramaian, surat izin menikah, dan surat lain yang diperlukan.

Itu dia beberapa hal yang sebaiknya dipersiapkan sebelum menggelar acara pernikahan di Bali. Semoga membantu dan selamat mencoba!