Sejarah Bandung Lautan Api

Mengenal Sejarah Penting Bandung Lautan Api Melalui Festival


Bandung lautan api, terdengar menyeramkan memang. Namun kenyataannya, kota Bandung yang saat ini memiliki banyak hotel di Bandung dan tempat wisata ini memang pernah menjadi lautan api. Meskipun mungkin Anda tidak lagi bisa merasakan bagaimana mencekamnya suasana Bandung saat itu maupun melihat sisa-sisa pembakaran tersebut, tetapi peristiwa bersejarah tersebut sangat penting dan tidak boleh dilupakan.

Ya, Bandung lautan api memang nama yang tepat dan sesuai dengan kondisi pada masa itu, yaitu tahun 1946. Pada tahun tersebut merupakan masa di mana para pejuang sedang berusaha keras mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 

Bandung Lautan Api

Peristiwa ini dimulai sejak kedatangan pasukan Inggris ke Bandung pada bulan Oktober 1945 yang dipimpin oleh Brigade MacDonald. Sejak saat itu sering terjadi bentrokan antara pasukan sekutu dengan TKR (Tentara Keamanan Rakyat). Hingga akhirnya tentara sekutu mengeluarkan ultimatum pada TRI (Tentara Republik Indonesia yang saat ini menjadi TNI) untuk meninggalkan kota Bandung.

Para pejuang tidak rela jika harus meninggalkan Kota Bandung dan membiarkan kota ini diambil alih oleh penjajah. Kemudian diadakanlah pertemuan untuk membicarakan langkah yang harus diambil untuk menanggapi ultimatum tersebut, dan diputuskanlah untuk menjadikan Bandung sebagai lautan api.

Pada tanggal 23 Maret 1946 hasil keputusan rapat disampaikan pada seluruh masyarakat Bandung disampaikan dan proses membumi-hanguskan Bandung Selatan dimulai. Sebanyak ratusan ribu penduduk Bandung membakar rumah mereka dan kemudian semuanya mengungsi ke area pegunungan. Sekitar tengah malam, kota ini sudah kosong tetapi api masih membumbung tinggi sehingga membuatnya terlihat seperti lautan api.
 

Festival Bandung Lautan Api

Peristiwa tersebut merupakan sebuah sejarah penting di mana para pejuang merelakan tempat tinggal mereka untuk dibakar demi melindungi Kota Bandung dari para sekutu. Untuk mengenang peristiwa tersebut, maka diadakanlah festival bandung lautan api yang diadakan setahun sekali tepat di tanggal peristiwa tersebut terjadi, yaitu tanggal 23 Maret 1946.
 

Beberapa kegiatan atau acara yang digelar pada saat festival ini yaitu:

  • Pawai obor
  • Aksi teatrikal
  • Beragam lomba
  • Napak tilas

Berbagai acara tersebut bebas untuk dinikmati semua wisatawan yang berada di Bandung. Namun, jika Anda berencana untuk ikut serta di dalamnya, jangan lupa untuk mencari informasi mengenai lokasi pasti diadakannya kegiatan tersebut, ya! Jadi Anda bisa menikmati semua acara yang berlangsung secara maksimal.