Liburan ke Semarang

Liburan ke Semarang? Jangan Lupa Singgah ke Pulau Karibia-nya Jawa!


Kota Semarang di Jawa Tengah merupakan salah satu destinasi sejarah terlengkap di Indonesia. Pasalnya, kota di tepi pantai utara Jawa ini mengantongi banyak sekali objek wisata dari berbagai masa kehidupan. Namun selain itu, area Semarang juga punya tujuan wisata alam yang eksotis, lho. Belanda bahkan menyebut pulau ini sebagai Caribbean van Java. Di manakah Pulau Karibia-nya Jawa yang dimaksud?
 

Karimunjawa, Si Caribbean van Java

Melansir Wikipedia, Kepulauan Karimunjawa dijuluki Belanda sebagai Caribbean van Java atau Karibia dari Jawa karena memiliki keindahan yang serupa dengan Kepulauan Karibia. Gugusan pulau-pulau kecil dengan pasir pantai yang putih dan air laut yang jernih adalah alasan utama predikat tersebut.

Kumpulan 17 pulau ini terletak sekitar 130 kilometer di utara Kota Semarang. Untuk mencapai Karimunjawa, kamu perlu menyeberang Laut Jawa menggunakan kapal cepat dari Pelabuhan Emas di Semarang atau kapal feri dari Pelabuhan Pantai Kartini di Jepara. Masing-masing penyeberangan ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam dan 5-6 jam. Kalau kamu cari opsi yang lebih cepat, kamu bisa pilih penerbangan langsung dari Bandara Ahmad Yani Semarang menuju Bandara Dewadaru Karimunjawa yang hanya butuh 30 menit.

Akan tetapi, kamu harus tahu jika ketiga opsi di atas tidak tersedia setiap hari, ya. Maka dari itu, upayakan untuk memesan tiket penyeberangan atau penerbangan jauh sebelum tanggal keberangkatan serta menghubungi operator kapal sejak kamu masih bermalam di hotel di Semarang, ya.
 

Eksotisme Karimunjawa

Kecantikan Kepulauan Karimunjawa sudah terkenal hingga mancanegara. Menurut seorang travel blogger The Island Girl Adventures, bahkan, sejumlah pelancong internasional memilih untuk mengunjungi wilayah ini ketika Pulau Lombok diguncang gempa beberapa tahun lalu.

Situs pariwisata Wonderful Indonesia juga mengklaim Kepulauan Karimunjawa sebagai rangkaian pulau berpagar karang yang menakjubkan dan dipenuhi dengan kemegahan bawah laut di lepas Laut Jawa. Pantai-pantai berpasir putih nan halus, laut biru kehijauan yang menawan, serta ritme kehidupan yang santai dan bebas kebisingan menjadikan Karimunjawa sebagai tempat melarikan diri atau weekend getaway paling pas.

Selain itu, gugusan pulau yang sudah jadi Taman Nasional Laut Karimunjawa ini juga memiliki 5 perpaduan lima ekosistem yang berbeda. Mulai dari terumbu karang, lamun, rumput laut, mangrove, hingga ikan hadir di kawasan perlindungan laut ini. Mengutip laman Wonderful Indonesia, Karimunjawa memiliki variasi 176 spesies terumbu karang, 11 jenis lamun, 9 spesies rumput laut, 44 jenis mangrove, serta 444 jenis ikan. Tak ayal, snorkeling menjadi satu kegiatan wajib wisatawan ketika berkunjung ke Karimunjawa.

Kalau kamu tertarik untuk snorkeling, kamu bisa ikut tur hopping island yang cukup banyak ditawarkan oleh agen perjalanan lokal. Tur antarpulau itu umumnya akan membawa kamu ke beberapa spot snorkeling seperti di Pulau Gosong, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Tengah, Pulau Tanjung Gelam, dan Cemara Kancil. Kelima pulau tak berpenghuni ini merupakan titik-titik terbaik untuk mengintip kehidupan bawah laut Karimunjawa.

Takut berenang di lautan lepas? Tenang, kamu bisa berenang di kolam hiu ketika singgah di Pulau Menjangan Besar. Spesies hiu yang ada di kolam khusus ini tidak akan menyerang manusia, kok. Pawang-pawang juga siap sedia menemani kamu berenang di kolam unik ini.
 

Gimana? Apakah kamu jadi tertarik untuk mengunjungi Pulau Karibia-nya Jawa ini? Selamat berlibur dan jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, ya!