Tes Kesehatan Pra Nikah

Pentingkah Melakukan Tes Kesehatan Pra Nikah?


“Saya sehat kok, pasangan saya juga sehat. Jadi kenapa harus melakukan tes kesehatan pra nikah?”

Mungkin banyak orang yang masih berpikir seperti itu sehingga memilih untuk menikah tanpa melakukan tes tersebut. Cukup melakukan imunisasi dan tes kesehatan sesuai dengan yang menjadi syarat pendaftaran pernikahan di KUA (Kantor Urusan Agama) saja. Padahal, ada cukup banyak risiko yang bisa terjadi di masa mendatang jika Anda mengabaikannya, yaitu:
 

  • Penularan penyakit

Tidak ada seorangpun yang ingin sakit, termasuk juga Anda dan pasangan Anda. Itulah sebabnya, tes kesehatan untuk mengetahui apakah Anda maupun pasangan menderita penyakit yang dapat menular sangat penting untuk dilakukan. Apalagi di masa pandemi seperti ini, tes kesehatan untuk memeriksa riwayat penyakit menular wajib dilakukan.
 

  • Masalah kesuburan

Salah satu hal yang diharapkan pasangan setelah menikah adalah memiliki keturunan. Bahkan, hal ini sering kali menjadi masalah yang muncul ketika yang diharapkan tersebut tidak juga kunjung datang. Untuk mencegah hal tersebut, ada baiknya jika pasangan melakukan tes kesuburan sebelum menikah. Setidaknya Anda dan pasangan bisa mengambil langkah tepat sebelum menikah jika memang ada salah satu yang ternyata mengalami masalah. Misalnya seperti mengadopsi anak setelah menikah nanti.
 

  • Penyakit turunan pada anak

Ada beberapa jenis penyakit yang bisa diturunkan dari orangtua kepada anaknya. Misalnya saja seperti obesitas, diabetes, dan sebagainya. Melakukan beberapa tes untuk melihat apakah Anda dan pasangan memiliki riwayat penyakit yang berpotensi diturunkan pada anak bisa menyelamatkan masa depannya.
 

  • Kesesuaian darah

Golongan dan rhesus darah juga bisa menentukan kecocokan sebuah pasangan demi masa depan anak. Sebab, ketika seorang wanita dengan rhesus negatif menikahi pria dengan rhesus positif, maka bisa berpotensi menyebabkan masalah kesehatan pada sang anak. Jika seandainya nanti sang anak memiliki rhesus negatif, maka bukan hal yang tidak mungkin antibodi sang ibu menyerang janin tersebut. Inilah alasannya pengecekan darah sebelum menikah sangat penting untuk dilakukan.
 

Ternyata cukup banyak kan risiko tidak melakukan tes kesehatan sebelum menikah? Baik untuk kelangsungan pernikahan Anda maupun masa depan anak Anda nantinya. Itulah sebabnya, Anda wajib untuk melakukan hal ini terlebih dahulu.

Anda boleh melakukan ini sebelum atau sesudah memilih tempat wedding Bandung yang akan digunakan sebagai lokasi pernikahan. Yang penting, Anda dan pasangan tidak boleh mengabaikannya.