Tips Liburan Bersama Anak

Tips Liburan Bersama Anak saat Masa Pandemi


Berlibur di saat pandemi seperti sekarang memang sedikit mengkhawatirkan, terlebih jika Anda berlibur bersama anak. Pasalnya, anak sangat rentan tertular berbagai macam penyakit, baik dari virus maupun bakteri karena itulah sebagai orangtua Anda harus selalu berhati-hati.

Meskipun demikian, Anda masih tetap bisa melakukan perjalanan liburan bersama anak dengan memerhatikan beberapa tips berikut supaya lebih aman, yakni:
 

1. Cari penginapan yang memiliki aturan ketat terkait COVID-19

Pastikan Anda mencari dan menyewa penginapan yang menerapkan aturan ketat terkait COVID-19. Jika perlu, Anda bisa menghubungi pihak manajemen pusatnya dan tanyakan mengenai hal tersebut. Selain itu, ketika di penginapan, Anda disarankan untuk membersihkan seluruh permukaan ruangan seperti wastafel, toilet, remote control, telepon, meja, saklar lampu, gagang pintu menggunakan desinfektan. Dan cuci terlebih dahulu piring, gelas, dan peralatan makan sebelum digunakan.

Salah satu tempat penginapan yang bisa Anda pilih misalnya HARRIS Hotel di Sentul. HARRIS Hotel memiliki aturan yang sangat ketat terkait COVID-19 serta selalu memerhatikan protokol kesehatan yang diberlakukan oleh pemerintah maupun WHO. Secara berkala, pihak staff HARRIS Hotel melakukan sanitasi di tempat umum yang sering disentuh sekaligus meningkatkan aktivitas pembersihan di seluruh kamar hotel.

Tak hanya itu saja, HARRIS Hotel juga menyediakan transaksi digital dengan tujuan untuk mempermudah transaksi tamu yang menginap, membantu tamu yang ingin mengambil makanan maupun minuman, menyediakan hand sanitizer di beberapa titik di hotel, dan lain sebagainya.
 

2. Pilih tempat wisata yang aman untuk berlibur bersama anak

Selain penginapan, Anda juga wajib memilih tempat wisata yang aman didatangi bersama anak. Hindari memilih wisata yang ramai pengunjung karena berisiko menjadi klaster COVID-19. Jika mau, Anda disarankan mengunjungi area Taman Nasional karena area ini lebih sepi pengunjung sehingga aman didatangi oleh anak-anak.

Dan, jangan sampai lupa, periksa apakah kawasan wisata tersebut sudah menerapkan protokol kesehatan yang diberlakukan oleh pemerintah. Di mana, memeriksa suhu tubuh pengunjung sebelum masuk ke objek wisata, mewajibkan pengunjung menggunakan masker, menyediakan tempat untuk mencuci tangan, membatasi jumlah pengunjung yang datang, dan lainnya.
 

3. Bawa perlengkapan yang diperlukan, khususnya untuk membersihkan tangan

Siapkan seluruh perlengkapan maupun peralatan yang diperlukan untuk berlibur, terutama untuk anak. Misalnya saja, camilan, baju ganti, minum, topi atau penutup kepala, jaket, payung, obat-obatan, kaos kaki, perlengkapan anak (tisu basah, tisu kering, peralatan mandi, selimut, sisir, sunblock, cotton buds, dan masih banyak yang lainnya.

Tidak lupa, bawa pula peralatan seperti hand sanitizer, desinfektan, tisu antibacterial, sabun, face shield, masker pengganti, dan sebagainya. Semua peralatan ini nantinya bisa Anda gunakan ketika berkunjung ke tempat wisata maupun menginap di tempat penginapan.

Itulah dia beberapa tips yang bisa diterapkan jika Anda ingin melakukan perjalanan liburan bersama anak. Tetap jaga kebersihan dan selalu memakai masker di manapun berada, ya!