Tren Solo Traveling

Tren Solo Traveling di Masa Pandemi Meningkat, Intip Tips Ini, Yuk!


Pandemi mengubah dinamika yang ada di masyarakat, termasuk referensi liburan. Jika sebelumnya solo traveling hanya dilirik oleh sebagian orang yang didominasi oleh anak muda, kini tren solo traveling mulai meningkat di tengah pandemi. Alasannya, bepergian sendiri lebih aman karena bisa mengurangi interaksi sepanjang perjalanan. Tak sedikit masyarakat yang melakukan booking hotel di Surabaya, Bali, Jakarta, atau kota-kota besar lainnya untuk satu orang—entah untuk staycation atau memang berwisata.

Untuk Anda yang tertarik menjalani solo traveling, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti:
 

  1. Siapkan hasil rapid atau swab test. Meskipun tak semua tempat mewajibkan Anda membawa dokumen rapid atau swab test, tak ada salahnya untuk membawa surat keterangan bebas COVID-19 sebelum bepergian. Terlebih jika Anda akan bepergian dengan menggunakan transportasi umum seperti kereta api, pesawat, atau kapal laut; surat keterangan ini sudah pasti menjadi salah satu syaratnya. Jadi, jangan lupa dipersiapkan, ya. Biasanya, dokumen hasil rapid atau swab test ini berlaku 14 hari sejak diterbitkan.

  2. Cek destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Tidak hanya menyiapkan dokumen, Anda juga diwajibkan untuk mencari informasi seputar tempat wisata yang ingin dikunjungi. Pasalnya, di tengah pandemi seperti sekarang, tempat wisata pun mengalami penyesuaian. Ada yang mengubah jam berkunjung, menjadikan online booking sebagai salah satu syarat untuk memasuki tempat wisata, dan ada pula yang terpaksa harus tutup. Jadi, lengkapi informasi sebanyak-banyaknya agar Anda bisa mempersiapkan diri.

  3. Kurangi interaksi dengan orang lain. Sesampainya di tempat tujuan, membatasi interaksi dengan orang lain merupakan hal terbaik yang bisa Anda lakukan. Selalu gunakan masker Anda, jauhi kerumunan, dan hindari tempat yang ramai. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalkan interaksi dan menurunkan risiko terpapar virus corona. Meskipun tak menjamin bahwa Anda akan terbebas dari virus, lebih baik mencegah, bukan?

  4. Bawa peralatan pribadi. Siapkan satu tas kecil berisi barang-barang pribadi yang dibutuhkan selama perjalanan. Mulai dari masker cadangan, hand sanitizer, desinfektan, peralatan makan, hingga peralatan mandi. Sebisa mungkin, gunakan peralatan pribadi Anda dan hindari menggunakan peralatan umum yang digunakan oleh orang lain.


Bepergian sendiri selama pandemi memang lebih menyenangkan dan aman. Semoga membantu dan selamat bepergian. Stay safe, ya!