Wisata Kuliner di Era New Normal

Wisata Kuliner di Era New Normal? Cek Tipsnya Agar Tetap Aman!


Sebelum pandemi, café hopping, liburan, atau bahkan mencicipi kuliner dari satu restoran ke restoran lainnya mungkin sudah menjadi hal yang biasa. Tak terhitung berapa kali Anda check-in pada unit hotel di Bali dalam setahun untuk menikmati sunset serta beragam kuliner nikmat lainnya. Hanya saja, di tengah pandemi seperti sekarang, semua hal yang sudah disebutkan di atas kini dibatasi. Bisa dilakukan, namun tetap ada protokol yang harus Anda perhatikan.

Nah, untuk Anda para pecinta kuliner yang ingin mencicipi ragam olahan nikmat, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan, yakni:
 

  1. Hindari dine-in. Jika memungkinkan, hindari untuk dine in alias makan di restoran ketika wisata kuliner. Pilih beberapa restoran yang ingin Anda cicipi, kemudian beli dengan menggunakan aplikasi online dan take out saja. Selanjutnya, Anda bisa memakannya di rumah atau di mobil. Selain lebih aman, Anda pun pastinya akan lebih nyaman karena tak perlu melepas masker di luar ruangan.

  2. Cek protokol kesehatan di restoran. Ada beberapa makanan yang terasa lebih lezat jika dimakan langsung. Untuk itu, jika take out tidak memungkinkan, Anda bisa mengecek protokol kesehatan yang berlaku di restoran tersebut terlebih dahulu. Periksa apakah restoran tersebut menerapkan social distancing, membatasi jumlah tamu yang hadir, serta menyediakan meja khusus dengan pembatas agar pengunjung tidak duduk berdekatan. Anda juga bisa melihat apakah para staf-nya menggunakan masker, face shield, serta sarung tangan atau tidak. Hal-hal ini bisa Anda periksa sebagai bahan pertimbangan sebelum makan di sana.

  3. Bawa alat makan sendiri. Meskipun restoran sudah menerapkan protokol kesehatan dan memastikan kebersihannya, tak ada salahnya berjaga-jaga dengan membawa alat makan sendiri. Anda bisa menyiapkan sendok, garpu, sumpit, serta sedotan dari rumah, dan gunakan untuk makan. Hal ini pastinya akan membuat Anda lebih aman dan nyaman, kan?

  4. Hindari jam makan siang. Restoran mungkin sudah membatasi jumlah pengunjung yang boleh masuk ke dalam ruangan, namun tak ada salahnya jika Anda menghindari jam-jam sibuk seperti jam makan siang atau jam pulang kerja. Pasalnya, restoran kemungkinan akan mencapai batas maksimum pengunjung dan akan sulit untuk menjaga jarak di sana. Datanglah di pagi hari saat restoran baru buka. Selain lebih bersih, pastinya akan lebih sepi juga.
     

Itu dia beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum wisata kuliner. Semoga bermanfaat, ya!