Wisata ke Bali Saat Nyepi

Wisata ke Bali Saat Nyepi, Kenapa Tidak?


Apa yang Anda harapkan saat pergi berwisata ke suatu daerah? Pastinya menikmati beragam kuliner dan juga tempat wisata yang menarik bukan? Inilah salah satu alasan mengapa banyak wisatawan menghindari pergi ke Bali pada saat perayaan Nyepi, karena hal tersebut tidak akan bisa dilakukan. Sebab, pada hari besar tersebut semua aktivitas di Bali akan berhenti beroperasi.

Ya, wisata ke Bali saat Hari Raya Nyepi memang memberi banyak keterbatasan. Namun sebenarnya, ada beberapa hal seru dan unik yang menjadikan wisata pada saat tersebut menjadi berkesan. Berikut ini beberapa di antaranya:
 

  • Menyaksikan rangkaian upacara adat

Sebelum dan sesudah Hari Raya Nyepi akan ada beberapa acara atau tradisi yang akan digelar. Beberapa di antaranya adalah Upacara Melasti yang dilakukan 2 atau 3 hari sebelumnya, dan pawai ogoh-ogoh yang diadakan sehari sebelumnya. Upacara Melasti merupakan upacara penyucian diri yang dilakukan di pantai. Sementara pawai ogoh-ogoh biasanya dilakukan setelah masyarakat Bali melakukan upacara ngrupuk, yaitu menyebar nasi tawur, mengobori dan menyebar mesiu di berbagai area rumah termasuk pekarangan untuk mengusir Buta Kala. Kemudian akan dilanjutkan dengan mengarak perwujudan Buta Kala keliling kampung dan membakarnya. Acara ini boleh disaksikan oleh umum selama wisatawan tidak mengganggu prosesi adat yang dilakukan.
 

  • Menikmati suasana yang sangat tenang

Bali saat Nyepi menjadi waktu yang tepat untuk dikunjungi oleh Anda jika menginginkan suasana yang benar-benar tenang. Anda bahkan mungkin akan merasa seolah sedang berada di kota mati karena Bali bebas dari aktivitas apapun, kecuali beberapa layanan masyarakat seperti kantor polisi dan rumah sakit. Namun mungkin, pada beberapa hotel suasana tenang ini kurang begitu terasa mengingat wisatawan masih tetap diizinkan untuk beraktivitas di area hotel.
 

  • Menikmati berbagai fasilitas hotel

Seperti yang telah disebutkan, Anda masih boleh beraktivitas di area hotel. Artinya, Anda masih boleh menikmati beragam fasilitas yang ada pada hotel di Bali tempat Anda menginap. Itulah sebabnya, jika Anda berencana untuk berwisata ke Bali saat Nyepi, memilih hotel yang tepat sangat penting. Sebab Anda akan benar-benar menghabiskan waktu seharian penuh di sini, jadi pastikan hotel yang dipilih nyaman dan sesuai dengan keinginan Anda.
 

Bagaimana, apa Anda tertarik untuk berwisata ke Bali saat Hari Raya Nyepi? Jika iya, maka ada baiknya Anda datang beberapa hari sebelum dan pulang sesudahnya agar bisa menikmati rangkaian upacara yang akan diadakan. Selain itu, cari juga informasi mengenai daerah mana yang paling baik untuk didatangi jika ingin menyaksikan upacara tertentu. Selamat berwisata!