Nikmatnya Berburu Makanan Khas Surabaya di Sekitar Gubeng



Berwisata ke Surabaya dengan kereta? Mengapa tidak! Para wisatawan biasanya memilih rute yang berakhir di Stasiun Gubeng untuk pergi ke Surabaya. Menariknya, di sekitar stasiun, Anda dapat langsung menemukan rumah makan yang menjual ragam makanan khas Surabaya. Jadi, sebelum menjelajahi Kota Pahlawan, Anda bisa mengisi perut dengan menyantap makanan-makanan yang super nikmat ini!

1. Lontong balap
Pernah mendengar makanan yang satu ini? Yap, namanya yang cukup unik mungkin membuat Anda bertanya-tanya. Namun lontong balap merupakan makanan yang cukup sederhana, terdiri dari lontong, taoge rebus, lentho (gorengan dari kacang berbentuk bulat) dengan kuah yang ditambah bumbu petis dan bawang goreng. Perpaduan lontong, taoge dan kuah petis yang segar membuat lontong balap menjadi salah satu makanan khas Surabaya yang paling dicari.

2. Rawon
Tak lengkap rasanya kalau ke Surabaya belum mencicipi rawon khas-nya. Di sekitar Stasiun Gubeng, Anda bisa dengan mudah menemukan seporsi rawon hangat dengan rasa yang nikmat. Makanan berbahan dasar daging dengan kuah hitam ini dijamin tak pernah gagal memuaskan perut Anda!

3. Sate klopo
Sate ayam atau kambing mungkin mudah ditemukan di mana-mana, tapi tidak sate yang satu ini. Sate klopo merupakan sate khas Surabaya yang proses pembuatannya menggunakan ‘klopo’ (kelapa). Parutan kelapa dijadikan sebagai bumbu daging sapi sebelum dibakar. Dari wanginya saja, sate klopo sudah amat menggugah selera.

4. Rujak cingur
Nah, ini juga salah satu makanan yang harus Anda coba saat ke Surabaya. Rujak cingur sekilas mirip gado-gado, tapi saat suapan pertama, Anda akan merasakan sensasi yang berbeda. Gurih, pedas, dan manis, mungkin itu yang akan Anda rasakan saat menyantapnya. Pasalnya, rujak cingur terbuat dari campuran sayur dan buah seperti kangkung, taoge, nanas, bengkuang, bahkan mangga. Sementara cingur atau moncong sapi sendiri merupakan bahan utama yang membuat rujak cingur ini menjadi begitu spesial.

Semua makanan di atas pasti dapat Anda temukan di dekat Stasiun Gubeng. Namun, jika Anda menginap di Harris Hotel Gubeng, Anda tak perlu repot ke sana ke mari untuk berburu makanan khas Surabaya karena Harris Café menyediakan menu tradisional lengkap mulai dari gado-gado hingga rujak cingur yang rasanya tak perlu diragukan lagi.

Selamat berkuliner!