Biaya yang Harus Masuk dalam Anggaran Pernikahan
Biaya yang Harus Masuk dalam Anggaran Pernikahan!

Pernikahan menjadi impian setiap pasangan, dan mempersiapkan pernikahan tidak selalu mudah. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan dan semuanya membutuhkan biaya yang tidak kecil. Misalnya saja venue untuk pernikahan. Untuk venue sendiri ada beberapa pilihan, mulai dari gedung pernikahan, restoran, atau hotel. Bila kamu memilih hotel, tentu lokasi jadi hal berikutnya yang perlu ditentukan. Apakah di Jakarta, Bogor, hotel di Bekasi, hotel di Bandung atau di daerah lainnya.

 

Daftar Biaya yang Harus Masuk ke Anggaran Pernikahan


Selain itu, ada juga biaya lain yang tak kalah penting, semisal biaya administrasi, katering, rias, hingga dekorasi. Itu sebabnya, sebelum menikah, kedua calon pasangan perlu membuat anggaran pernikahan sesuai kemampuannya. Tujuannya untuk meminimalisir pengeluaran biaya yang tidak diperlukan. Untuk memudahkan, berikut daftar biaya yang harus masuk ke anggaran pernikahan.

 

Biaya Administrasi


Sebelum menikah, langkah awal yang harus kamu lakukan adalah menyelesaikan urusan administrasi pernikahan di lembaga terkait. Jika kamu muslim, kamu harus mendaftar pernikahan ke Kantor Urusan Agama (KUA). Sementara untuk non muslim, dapat mendaftar pernikahan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) tanpa dipungut biaya sepeser pun.

 

Biaya Hantaran dan Mahar


Biaya hantaran dan mahar juga harus dimasukan ke dalam anggaran pernikahan. Biasanya, jumlah dari kedua biaya ini bisa berbeda-beda antara satu pasangan dengan lainnya. Maka dari itu, kamu perlu mendiskusikannya bersama calon pasangan mengenai biaya hantaran dan mahar yang perlu disiapkan.

 

Biaya Sewa Venue


Seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu juga perlu mempersiapkan biaya sewa venue pernikahan, apakah gedung atau hotel. Biaya sewa ini biasanya akan bervariasi tergantung jenis gedung atau hotel yang disesuaikan dengan konsep acara atau jumlah tamu yang hendak kamu undang. Selain itu, lokasi juga menentukan harga seperti gedung atau hotel di Jakarta, hotel di Bekasi, hotel di Bandung atau di Bogor, memiliki range harga yang berbeda-beda.

 

Biaya Dekorasi


Di samping biaya sewa gedung atau hotel, kamu juga perlu menyiapkan biaya dekorasinya. Tujuannya agar gedung atau hotel yang sudah disewa bisa terlihat semakin indah di acara pernikahanmu nanti.

 

Biaya Rias dan Katering


Biaya rias dan katering jadi hal paling penting yang perlu dipersiapkan kamu dan pasangan. Pasalnya, kedua biaya ini memakan dana yang cukup besar sehingga kamu perlu mempersiapkan dan menghitungnya sebaik mungkin.
 
Selain kelima biaya yang sudah dijelaskan di atas, ada lagi biaya lain yang perlu dipersiapkan oleh kamu dan calon pasangan, seperti biaya MC, hiburan, wedding organizer (WO), undangan dan souvenir, serta biaya tak terduga untuk mengantisipasi hal-hal yang sifatnya tiba-tiba.

 

HARRIS Hotel Sebagai Salah Satu Pilihan Terbaik Wedding Venue


Bila kamu sedang mencari wedding venue terbaik yang akan membuat pernikahanmu jadi salah satu kenangan terbaik, HARRIS Hotel mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, hotel bintang empat ini memiliki beberapa venue pernikahan yang sangat menarik di setiap daerah, meliputi Bekasi, Bandung, Solo, Malang, hingga Batam. Berikut daftar lengkapnya:
  • HARRIS Sentraland di Semarang
  • HARRIS Barelang di Batam
  • HARRIS Batam Center
  • HARRIS Festival Citylink di Bandung
  • HARRIS Ciumbuleuit di Bandung
  • HARRIS Solo
  • HARRIS Malang
  • HARRIS Bekasi

Masing-masing HARRIS Hotel tersebut tentunya sudah menyediakan area khusus, baik indoor maupun outdoor yang bisa digunakan sebagai venue pernikahan. Selain menyediakan venue pernikahan, HARRIS Hotel juga sudah menyiapkan paket pernikahan lengkap yang mencakup katering, dekorasi, dokumentasi, listrik, standar soundsystem, LCD projector, area parkir, dan lain sebagainya. Ini tentu akan memudahkan calon mempelai dalam mempersiapkan pesta pernikahan yang diimpikannya.