5 Curug Keren di Bandung yang Wajib Kamu Datangi

5 Curug Keren di Bandung yang Wajib Kamu Datangi

Bandung terkenal dengan berbagai tempat wisata yang bakal bikin kamu betah berlama-lama di sana. Dari mulai tempat wisata yang bertema alam hingga tempat wisata yang instagenic, semuanya bisa kamu temui di Bandung. Belum lagi kulinernya yang menggugah selera. Tidak heran kalau banyak wisatawan dari dalam maupun luar kota yang memilih menghabiskan waktu liburan di daerah berjulukan Kota Kembang ini.
 
Berbicara tentang pilihan tempat wisata alam di Bandung, kamu pasti akan tergoda untuk mengunjungi tempat wisata bertemakan curug atau air terjun. Contohnya ada Curug Tilu Leuwi Opat dan Curug Panganten. Selain itu, ada lagi curug-curug lain yang wajib kamu kunjungi saat berada di Bandung. Yuk simak ulasannya di bawah ini!
 
 

1.  Curug Panganten


Lokasi wisata air terjun ini berada di Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Curug Panganten terletak di antara rimba pohon sehingga dibutuhkan usaha yang cukup keras untuk sampai ke sana. Belum lagi kamu harus melewati perkebunan warga dengan jalur yang tidak mudah untuk dilewati. Namun, rasa lelah akan segera terobati saat kamu melihat pemandangan air terjun dan keindahan lain di sekitarnya. Curug setinggi 50 meter ini terletak di area rimbun yang menambah pesonanya.

 

2.  Curug Tilu Leuwi Opat


Curug ini cukup dikenal di kalangan traveler. Saking terkenalnya, banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk berkunjung di waktu liburan. Yang menjadi daya tarik dari tempat wisata ini adalah perpaduan curug alias air terjun serta sungai, hutan, dan goa yang berada di satu kawasan seluas 5 hektar.
 
Curug Tilu Leuwi Opat terdiri dari empat air terjun yang memukau ditambah dengan empat sungai dan dua goa yang siap di jelajahi. Lokasinya yang berada di Lembang, Kabupaten Bandung Barat menambah asri pemandangan alam sekitar dengan udara yang masih sejuk.

 

3.  Curug Aseupan


Menjadi salah satu curug yang sering dikunjungi wisatawan selain Curug Panganten dan Curug Tilu Leuwi Opat. Lokasinya berada di kawasan Ciwangun Indah Camp, Dusun Ciwangan, Kelurahan Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.
 
Saat tiba di lokasi, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan curug yang dikelilingi oleh ngarai tinggi, seolah-olah membentuk aseupan atau kukusan tradisional berbentuk kerucut yang terbuat dari anyaman bambu. Itulah mengapa tempat wisata ini disebut Curug Aseupan.

 

4.  Curug Malela


Sekilas Curug Malela akan mengingatkan kamu pada Air Terjun Niagara di perbatasan Kanada dan Amerika Serikat. Dijuluki juga sebagai Niagara Mini, lokasi curug ini berada di Desa Cicadas, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat.
 
Di sini kamu akan merasakan hawa dingin khas pegunungan ditambah dengan pemandangan yang akan membuat kamu berdecak kagum. Untuk sampai ke sini, dibutuhkan waktu tempuh sekitar 3 jam dari pusat kota Bandung.
 
Kamu juga perlu melakukan trekking yang cukup memakan waktu. Meskipun begitu, pemandangan sekitar akan memanjakan mata sehingga rasa lelah tidak akan terasa.

 

5.  Curug Cinulang


Curug Cinulang tidak kalah legendarisnya dari Curug Panganten dan Curug Tilu Leuwi Opat. Lokasinya berada di daerah Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Pemandangan curug dan pepohonan hijau di sekitarnya menambah keelokan obyek wisata alam ini. Terdapat juga jembatan bambu di bawah air terjun yang sering dijadikan spot foto oleh wisatawan.
 
Makin penasaran kan ingin menjajal curug yang ada di Bandung seperti Curug Tilu Leuwi Opat, Curug Panganten atau Curug Cinulang? Pastikan liburan nanti kamu habiskan di Bandung untuk berlibur ke curug tersebut. Jangan lupa juga untuk memilih akomodasi yang tepat untuk menjadikan liburan kamu tambah seru. Contohnya HARRIS Hotel Bandung yang menawarkan akomodasi terbaik sehingga kamu semakin betah untuk menghabiskan waktu berlibur di Kota Kembang.