Aktivitas-aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukan Saat Liburan Ke Hutan Pinus Sentul

Aktivitas-aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukan Saat Liburan Ke Hutan Pinus Sentul

Hutan Pinus Sentul merupakan salah satu destinasi favorit di Bogor. Tempat wisata ini sendiri berada di kawasan konservasi Taman Wisata Gunung Pancar, tepatnya di Babakan Madang, Citeureup, Bogor. Suasana yang asri, hawa sejuk, dan rindangnya pepohonan menjadi daya tarik utama wisatawan untuk berkunjung ke sini. Enaknya lagi, tempat wisata ini pun dekat dari Jakarta. Walhasil, bisa jadi alternatif destinasi liburan akhir pekan bersama keluarga atau sekadar melepas dengan mencari udara segar di pegunungan. Jika kamu tertarik untuk menyambangi Hutan Pinus Gunung Pancar, simak dulu informasi berikut ini.
 

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Seperti namanya, tempat wisata satu ini dipenuhi oleh jajaran pohon pinus di area perbukitan. Berada di ketinggian sekitar 800 mdpl, para wisatawan yang ke sini dapat menikmati udara sejuk dan hijaunya pemandangan yang menyegarkan mata. Selain panorama alamnya yang memukau, teduhnya hutan pinus yang menjulang tinggi serta suara gemericik aliran sungai juga memberi kesan asri dan nyaman, sehingga Hutan Pinus Sentul cocok sebagai tujuan rekreasi atau tempat relaksasi untuk menenangkan pikiran.

Hutan Pinus Sentul yang berada di Kawasan Gunung Pancar buka setiap hari, mulai dari pukul 07.30 WIB hingga 17.30 WIB. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah pagi hari, saat udara masih sangat segar dan pengunjung juga belum banyak yang datang. Dengan begitu, kamu bisa lebih ‘khusyuk’ menikmati suasana di sana. Sementara untuk harga tiket masuknya, bisa dibilang relatif murah dan terjangkau, yakni Rp5 ribu untuk hari kerja (Senin - Jumat) dan Rp7,5 ribu di akhir pekan. Jadi, hanya dengan mengeluarkan beberapa ribu saja, kamu sudah dapat berkeliling menikmati kawasan Hutan Pinus Sentul. Sekadar informasi, harga tiket masuk ini belum termasuk kegiatan lain, seperti kamping, outbound, dan lain sebagainya. Kamu mungkin akan diminta biaya tambahan jika ingin mengikuti berbagai aktivitas tersebut.
 

Akses Menuju Hutan Pinus Sentul

Hutan Pinus Sentul berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Secara umum rute menuju tempat wisata ini tidak sulit untuk dijangkau. Bila kamu berasal dari Jakarta, maka kamu harus menuju Tol Jagorawi dan keluar di Pintu Tol Sentul Selatan. Setelah itu, belok ke kiri menuju Jalan M.H. Thamrin saat kamu melihat Bellanova Mall. Kemudian lurus terus sampai memasuki Jalan Jungle Land dan bertemu dengan Alun-alun Sentul. Setelah melewati Alun-alun Sentul, ambil kiri dan ikuti jalan sampai menemukan petunjuk jalan ke Gunung Pancar. Nantinya Hutan Pinus Sentul ada di sebelah kiri jalan.
 

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Hutan Pinus Sentul

Hutan Pinus Sentul tak hanya menawarkan pemandangan indah yang layak dibidik kamera, karena ada banyak pilihan aktivitas seru yang bisa dicoba oleh pengunjung, di antaranya:

1. Outbound
Berada di area perbukitan yang dikelilingi oleh sungai dan tanah lapang menjadikan tempat wisata satu ini cocok sebagai area untuk mengadakan outbound. Sudah banyak perusahaan, komunitas, sekolah, hingga keluarga yang mengikuti paket outbound di Hutan Pinus Sentul. Adapun kegiatan outbound yang ditawarkan di sini meliputi, paintball, memanah, team building, dan masih banyak lainnya.

2. Hiking dan Tracking
Penasaran ingin menjajal rasanya naik gunung, tapi belum cukup berani untuk mendaki di gunung yang tinggi? Kamu bisa latihan di Hutan Pinus Sentul Gunung Pancar. Di sini kamu akan menapaki jalan setapak dengan kontur tanah yang naik turun. Kamu juga akan melewati area hutan pinus dan menyebrangi sungai. Secara keseluruhan jalur pendakian di tempat wisata ini cukup landai dan tidak terlalu terjal, sehingga bagi pemula tidak terlalu berat untuk mendaki di kawasan ini.

Ditambah lagi selama perjalanan kamu akan mendapatkan hiburan gratis dari alam, seperti mendengar aneka kicauan burung dan melihat beragam jenis tanaman dan pepohonan. Jika kamu beruntung, kamu mungkin juga dapat menemui beragam satwa yang hidup bebas di sekitar situ, seperti kera, babi hutan, owa, ayam hutan, hingga burung elang.

Aktivitas satu ini memungkinkan kamu menikmati lebih dalam lagi keindahan kawasan Gunung Pancar. Pastikan kamu melakukannya di pagi hari karena di waktu tersebut udara masih sangat segar, waktu yang masih panjang, dan kamu pun masih dalam keadaan bersemangat.

3. Kamping
Selain naik gunung, kamu juga bisa menikmati keindahan alam Hutan Pinus Sentul dengan berkemah semalam. Ada beberapa spot yang bisa digunakan untuk kegiatan kamping di tempat wisata ini. Kamu bisa memilih spot yang paling sesuai dengan keinginan, misal di area yang rendah atau tinggi. Kegiatan kampingnya sendiri bisa untuk perorang atau grup. Bahkan sejumlah komunitas juga ada yang pernah menyewa fasilitas ini untuk gathering. Selain aman, tempat berkemahnya juga dengan bersih dan terawat dengan baik.

Tak hanya itu, bila kamu tidak memiliki peralatan kamping, maka pihak pengelola akan menyediakannya dengan paket lengkap, mulai dari tenda, alas tidur, hingga makanan. Jadi, kamu hanya perlu bawa badan dan peralatan pribadi saja. Segala kemudahan dan fasilitas yang ditawarkan ini tentu semakin membuatmu nyaman berkegiatan di tempat wisata ini.

4. Glamping
Pihak pengelola Hutan Pinus Sentul juga menyediakan kegiatan glamping. Glamping merupakan kepanjangan glamour camping, alias versi mewahnya kegiatan kamping di gunung. Berbeda dari kamping biasa, pengunjung yang mengambil paket ini dapat berkemah dengan fasilitas layaknya di hotel, karena di dalam tenda disediakan kipas angin, meja makan, lampu-lampu gantung, alat barbeque, dan aneka makanan lezat.

Tenda yang disediakan untuk glamping pun khusus, yakni tenda double layer, yang dijamin aman dari hujan dan angin. Agar pengunjung semakin nyaman, akses toiletnya pun dibuat mudah dan terawat kebersihannya. Selama berkegiatan ada pemandu yang selalu stand by membantu menyiapkan segala peralatan dan kebutuhan para pengunjung.

5. Piknik Santai
Aktivitas seru lainnya yang bisa dicoba di sini adalah piknik santai. Duduk di bawah rindangnya pepohonan sambil menikmati udara segar. menyantap aneka makanan dan saling bercengkrama bersama dengan keluarga, pasangan, atau kerabat jadi hal menyenangkan yang layak dicoba. Tak perlu khawatir bila kamu lupa atau tidak punya tikar untuk alas duduk, karena di sini pihak pengelola menyewakannya.

Kamu bisa menyewa tikar dengan beragam ukuran di sekitar parkiran kendaraan. Saking sejuk dan teduhnya suasana di sini, jangan heran bila kamu akan melihat banyak orang yang tertidur saat piknik. Dijamin, kamu pun akan mengalaminya juga!

6. Bersantai di Hammock
Di Hutan Pinus Sentul, kamu juga merasakan sensasi berayun di atas hammock yang dibentangkan di antara dua batang pohon pinus. Hammock sendiri adalah sejenis tempat tidur gantung yang bentuknya seperti ayunan, karena dipasang dengan cara digantung di kedua ujungnya. Tak selalu di antara pepohonan, hammock ini sejatinya juga bisa digantung di antara dua tiang, atau di tempat lain asalkan kokoh dan kuat. Untuk ketinggiannya sendiri bervariasi, mulai dari satu tingkat hingga 10 tingkat.

Sementara dari segi desain, hammock dapat dijumpai dalam berbagai macam model, ukuran, dan warna sehingga dapat dipilih dengan bebas sesuai yang pengujung sukai. Meski mendebarkan, duduk ataupun tidur sambil berayun di atas hammock juga jadi hal yang begitu mengasyikkan.

7. Swafoto di Spot Instagramable
Bagi yang suka berswafoto atau hobi dengan fotografi, Hutan Pinus Sentul bisa dibilang sebuah surga karena menawarkan banyak spot ciamik yang patut dibidik kamera. Setidaknya ada sekitar 38 spot foto menarik yang dibagi ke dalam beberapa tempat. Namun, bagi kamu yang ingin berfoto di spot yang sudah disediakan oleh pihak pengelola dengan tema tertentu, biasanya kamu harus membayar sejumlah biaya tambahan. Untuk satu spot foto, kamu perlu membayar Rp 10 ribu.

Yang menarik, di sini ternyata menawarkan paket bundling dengan harga yang lebih murah, yakni Rp25 ribu untuk 7 spot foto. Sistem pengambilan fotonya sendiri dilakukan oleh petugas. Jadi, kamu memilih spot yang akan dituju, lalu petugas akan membantu mengambilkan foto dengan menggunakan gadgetmu. Area spot foto Instagramable ini buka mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Kamu juga bisa foto prewedding di sini dengan berlatar belakang hutan pinus yang teduh. Tentunya, harga untuk paket foto prewedding berbeda dari foto biasa.
 

Tips Berwisata di Masa Pandemi

Daripada di dalam ruangan, berkegiatan di area terbuka memang sangat disarankan di masa pandemi seperti sekarang. Dengan memilih area terbuka, kamu tentu akan lebih mudah untuk menjaga jarak dengan orang lain. Ini artinya, risiko kamu untuk tertular COVID-19 pun lebih rendah. Beruntungnya, Hutan Pinus Sentul Gunung Pancar merupakan salah satu wisata populer yang mengusung konsep berkegiatan di alam terbuka, sehingga cocok dijadikan destinasi berlibur yang aman di masa pandemi.

Kendati begitu, pastikan kamu tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat selama berlibur di sana. Hal ini sesederhana selalu menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak dengan rombongan lain. Upayakan pula untuk menghindari menyentuh bagian wajah tanpa mencuci tangan atau membersihkan tangan terlebih dahulu. Pastikan kamu juga selalu membawa hand sanitizer di tas dengan kandungan alkohol minimal 60 persen untuk memudahkanmu membersihkan tangan bila sewaktu-waktu sulit menemukan wastafel untuk mencuci tangan di area wisata yang dikunjungi.
 
Jika memungkinkan, gunakan kendaraan pribadi ketimbang transportasi umum. Sekalipun harus menggunakan transportasi umum, pilihlah transportasi yang menerapkan standar kebersihan dan keamanan yang tinggi, seperti memerhatikan daya tampung, teknis pengaturan tempat duduk, dan lain sebagainya. Yang tak kalah penting, perhatikan pula kondisi kesehatan kamu dan rombongan yang akan berangkat liburan. Bila kamu atau rombongan ada yang kondisinya tidak fit, sebaiknya tunda berlibur sampai kondisi membaik. Memaksakan diri berkegiatan di luar rumah saat kondisi badan sedang tidak fit justru dapat meningkatkan risiko terinfeksi COVID-19.
 

Nikmati Wisata di Sentul dengan Menginap di HARRIS Hotel

Di samping itu, agar liburanmu di Sentul makin menyenangkan dan seru, menginaplah di HARRIS Hotel Sentul. Sebagai salah satu hotel bintang empat terbaik di Kota Bogor, HARRIS Hotel menawarkan fasilitas lengkap dengan pemandangan indah. Lokasinya yang strategis dengan berbagai tempat wisata populer juga memudahkanmu untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lain. Sementara soal kebersihan, kamu tidak usah khawatir, karena semua cabang HARRIS Hotel di Indonesia terjamin kebersihannya.  Mengusung konsep healthy lifestyle dengan standar higienitas dan kebersihan yang tinggi, HARRIS Hotel berkomitmen untuk menjaga kenyamanan dan kesehatan setiap tamu yang datang. Dengan begitu, kamu dan keluarga bisa menginap dengan tenang dan bisa liburan dengan nyaman.