Atur Meeting Terbaik dengan Memahami Jenis Layout Meeting Room

Atur Meeting Terbaik dengan Memahami Jenis Layout Meeting Room

Mengadakan meeting atau rapat sangat penting untuk menentukan kemajuan perusahaan. Selain itu, rapat juga dapat membantu meningkatkan kinerja pekerja bila dijalankan dengan benar. Salah satu hal yang menjamin produktivitas meeting adalah pemilihan tempat. Biasanya meeting room hotel bisa memberikan fasilitas yang akan membuat nyaman semua peserta rapat.
 
Tetapi, ada hal lain lagi yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih meeting room, yaitu jenis layout-nya. Ternyata jenis layout dapat menentukan kebutuhan sebuah meeting. Maka dari itu, simak jenis-jenis layout meeting room berikut untuk memastikan kebutuhan suatu meeting terpenuhi:

 

U Shape


Kebanyakan meeting room menggunakan layout U-shaped seating yang artinya pola meja dan kursi berbentuk menyerupai huruf U. Biasanya layout meeting ini diperuntukan bagi rapat berkapasitas medium hingga 20 orang. Tujuan layout U-shape ini adalah untuk memudahkan pembicara dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta rapat.
 
Hal ini juga berlaku bagi peserta rapat lainnya agar mudah berinteraksi dengan satu sama lain. Layout U shape juga lebih mengedepankan konsep kekeluargaan karena meja dan kursinya berseberangan dan bersebelahan. Layout seperti ini bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai meeting room hotel.

 

V Shape


Sesuai dengan namanya, penataan tempat duduk meeting berbentuk seperti huruf V. Layout seperti ini diterapkan untuk memberikan variasi pada ruang rapat atau seminar. Selain itu, layout ini juga dianggap akan membuat peserta rapat lebih nyaman karena meja yang tersedia cenderung lebih lebar. Keuntungan lainnya dari layout ini adalah semua peserta duduk dengan menghadap pemimpin rapat. Selain itu, layout V shape juga memberi ruang gerak yang lebih luas pada pemimpin rapat.

 

Conference atau Boardroom


Meeting room hotel menyediakan berbagai variasi layout, salah satunya conference atau boardroom. Jenis layout ini memposisikan peserta meeting duduk bersebelahan dan berseberangan dengan bentuk meja yang memanjang di tengah para peserta. Layout conference lebih mengutamakan komunikasi dan interaksi antar peserta dan pemimpin rapat.

 

Hollow Style


Di layout ini tidak ada head table karena kursi diletakan dengan mengikuti bentuk meja. Karena bagian tengahnya yang dibiarkan kosong, makanya layout ini dinamakan hollow style. Layout ini juga lebih mengutamakan interaksi dan komunikasi antar sesama peserta rapat.

 

Theater Style


Layout ini digunakan untuk peserta rapat dengan jumlah yang lebih banyak. Oleh karena itu, hanya tersedia kursi saja agar mampu menampung banyak peserta rapat. Sementara itu, pembicara di tempatkan di depan tempat podium berada supaya semua peserta dapat memperhatikan pembicara dengan jelas.

 

Classroom Style


Layout ini memiliki desain seperti ruangan kelas pada umumnya. Para peserta duduk di belakang meja dengan berpasangan. Sementara itu pembicara berada di depan. Layout ini akan kamu temui di acara diklat atau penataran. Meeting room hotel juga menyediakan ruangan dengan layout seperti ini untuk menampung kapasitas peserta yang lebih banyak.

 

Banquet


Sebenarnya layout ruang rapat seperti ini jarang ditemui dan lebih diperuntukan bagi kalangan eksklusif dengan tatanan yang mewah. Fungsi layout ini tidak hanya sebagai ruang rapat saja, tapi juga untuk jamuan makan. Karena posisi meja yang satu dengan yang lainnya tidak begitu berdekatan, maka dibutuhkan ruangan yang sangat luas untuk membuat layout ini. Pembagian tempat duduk pun umumnya didasarkan pada posisi atau jabatan, tim diskusi, atau divisi.
 
Layout meeting room sangat penting untuk dipertimbangkan karena mempengaruhi kenyamanan selama acara berlangsung. Tidak jarang, meeting diadakan di luar kantor untuk memberikan kenyamanan ekstra. Makanya, tidak jarang perusahaan memilih meeting room hotel sebagai alternatif. Nah, kalau kamu berencana mengadakan meeting di luar, HARRIS Hotels bisa menjadi pilihan terbaik! Dari mulai pilihan layout, fasilitas yang lengkap, serta layanan terbaik, suasana rapat akan semakin nyaman dan lebih produktif lagi.