5 Jenis Meeting yang Perlu Kamu Ketahui

6 Jenis Meeting yang Perlu Kamu Ketahui

Meeting atau rapat biasanya dilaksanakan untuk berbagai tujuan. Di antaranya mendiskusikan suatu persoalan, ingin mengambil keputusan atau adanya evaluasi. Pelaksanaan meeting pun cenderung fleksibel selama masih di jam kantor. Kegiatan ini biasanya dilakukan di area kantor atau di meeting room rental yang terdapat di hotel, cafe, atau restoran.
 
Tetapi, mengadakan meeting ini ternyata bisa dilihat dari jenis dan tujuannya. Berikut ini ada lima jenis meeting yang umumnya dilakukan suatu perusahaan untuk menentukan target dan mencapai tujuan mereka:

 

1.  Status Update


Sesuai namanya, jenis meeting ini bertujuan untuk memberikan status terbaru mengenai apapun yang kamu kerjakan. Biasanya status update meeting dilakukan secara berkala atau rutin guna mengetahui kondisi terbaru atau progress dari suatu proyek. Dari rapat ini, kamu juga bisa mengetahui bila ada kendala dalam mengerjakan proyek tersebut.

 

2.  Decision Making


Jenis meeting ini biasa disebut juga rapat pengambilan keputusan dan dilakukan sebelum menjalankan sebuah proyek. Setiap tim memerlukan waktu sebelum mengambil keputusan. Dari mulai strategi hingga pembagian tugas, semuanya dibahas dalam jenis rapat ini. Setelah diskusi berakhir, maka rapat akan menghasilkan suatu keputusan. Diskusi seperti ini umumnya dilakukan beberapa kali hingga proyek mencapai titik akhir. Akan tetapi, rapat pengambilan keputusan hanya dilakukan sekali. Setelah keputusan dibuat, maka tidak bisa diubah lagi.

 

3.  Team Building


Perusahaan startup umumnya memberi istilah jenis rapat ini sebagai ‘timbil’ yang merupakan singkatan dari team building. Rapat team building diadakan sebagai upaya mempererat hubungan pekerja dengan satu sama lain. Dengan begitu mereka mampu bekerja dalam tim dan tetap solid atau kompak. Selain itu, meeting ini juga digelar supaya anggota tim memiliki visi, misi, dan tujuan yang sama.

 

4.  Problem Solving


Dikenal juga dengan meeting yang diadakan untuk mengatasi masalah. Setiap proyek tidak mungkin bebas dari hambatan. Oleh karena itu, meeting ini penting untuk diadakan agar hambatan tersebut dapat diatasi. Biasanya rapat ini digabungkan dengan rapat status update. Tetapi, jika ada masalah spesifik dan cukup besar terjadi dalam suatu proyek, maka rapat problem solving perlu diadakan secara terpisah agar pembahasannya lebih dalam.

 

5.  Information Sharing


Sekilas memang mirip status update meeting. Namun, perbedaan terletak pada cara penyampaiannya. Jenis ini berfokus pada bagaimana peserta meeting berbagi informasi dengan satu sama lain. Dalam meeting ini, pembicara akan mengutarakan materi meeting melalui alat komunikasi visual dan aplikasi presentasi seperti PowerPoint.

 

6.  Innovation


Disebut juga inovasi, jenis meeting ini umumnya disetarakan dengan brainstorming dan dilaksanakan cukup sering. Bisa dilakukan setiap bulan, setiap tahun, atau setiap ada proyek untuk mengumpulkan berbagai ide dari para anggota tim. Setelah ide terkumpul maka akan terjadi diskusi untuk mematangkan berbagai ide tersebut. Melalui meeting ini akan diketahui beragam insight dari anggota tim terkait proyek yang akan dilakukan.
 
Itulah jenis-jenis meeting yang perlu kamu ketahui dan sering dilakukan di suatu perusahaan. Tidak jarang perusahaan melakukan kegiatan ini di luar area kantor untuk mencari suasana baru. Salah satu pilihan tempat meeting di luar adalah hotel. Memahami pentingnya menyediakan ruang rapat yang nyaman bagi pengguna, HARRIS Hotels menyediakan meeting room rental yang bisa digunakan untuk kebutuhan meeting kamu. Fasilitas dan pelayanan yang terbaik akan membuat suasana meeting semakin nyaman sehingga menghasilkan rapat yang produktif.