Kereta Api Surabaya

Apa Saja Pilihan Kereta Api ke Surabaya?


Berlibur ke Surabaya bisa menggunakan berbagai moda transportasi. Dari mulai menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil, bus antar provinsi, pesawat, hingga kereta api. Dari moda transportasi tersebut, kereta api menjadi salah satu pilihan favorit jika berkunjung ke Surabaya.
 
Selain kenyamanan, bepergian menggunakan kereta api cenderung lebih cepat dan bebas dari kemacetan. Belum lagi lokasi stasiun yang cenderung lebih strategis sehingga memudahkan kamu dalam mendapatkan akomodasi untuk menginap. Contohnya saja Stasiun Surabaya Gubeng.
 
Banyak hotel di Gubeng Surabaya yang berdekatan dengan stasiun tersebut jadi kamu tidak perlu lagi jauh-jauh mencari akomodasi lain. Nah, bila kamu hendak bepergian ke Surabaya menggunakan moda transportasi kereta api, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan! Berikut ini penjelasan selengkapnya!

 

Jalur dan Durasi Perjalanan


Bila ditempuh dari Jakarta, kamu memerlukan waktu sekitar 9-14 jam perjalanan. Kota Surabaya sendiri terletak sekitar 796 km di bagian timur Jakarta. Jarak tersebut terhubung dengan jalur kereta api rute Stasiun Gambir – Stasiun Pasar Turi.
 
Meskipun jarak tempuhnya cukup panjang, kamu bisa tetap bersantai selama di perjalanan. Selain terbebas dari macet, kamu bisa sekalian menikmati pemandangan di jalur Pantai Utara Jawa yang terkenal indah.

 

Pilihan Kereta Api ke Surabaya


Ingin tahu kereta api jalur apa saja yang bisa kamu gunakan dengan rute Jakarta – Surabaya dan sebaliknya? Ini dia daftarnya:
 
  • KA Argo Bromo Anggrek
Kereta api ini menyediakan satu keberangkatan masing-masing pada pagi dan malam hari untuk rute kereta Eksekutif Surabaya – Jakarta. Untuk tarif tiketnya sendiri berada di kisaran Rp 430.000 per orang dengan waktu sekitar sembilan jam. Sejak tahun 2018, KA Argo Bromo Anggrek juga menyediakan kelas Luxury dengan layanan yang setara penerbangan kelas satu.
 
Di gerbong Luxury tersedia 18 kursi penumpang yang berbentuk sofa dengan fasilitas loker barang berharga dan multimedia sekaligus menjamin privasi setiap penumpang. Untuk mendapatkan kursi di kelas ini, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp 1.250.000 yang sudah termasuk hidangan gratis.
 
  • KA Gaya Baru Malam Selatan
Jalur kereta ini terbilang unik karena rutenya melewati Pulau Jawa bagian selatan. Makanya, jalur KA Gaya Baru Malam Selatan memakan waktu tempuh yang lebih panjang, yaitu 13-14 jam. Namun, harga tiketnya terbilang murah, yaitu Rp 100.000 per perjalanannya.
 
  • KA Gumarang
Selain dua kereta api di atas, KA Gumarang bisa dijadikan alternatif lain. Kereta ini melalui jalur Pantai Utara dengan waktu tempuh sekitar 11 jam. Harga tiketnya sendiri berkisar Rp 290.000,00.
 
  • KA Jayabaya
Kereta ini memiliki jadwal siang dan sore dengan keberangkatan melalui Stasiun Surabaya Pasar Turi dan Stasiun Gubeng. Waktu tempuhnya sekitar 11-12 jam dengan tiket kereta seharga Rp 200 ribuan.
 
  • KA Bima
Kereta KA Bima menyediakan kelas Eksekutif dengan waktu berangkat sore hari dari Stasiun Gubeng Surabaya. Karena fasilitasnya tergolong nyaman dan mewah, maka tarif tiketnya pun cukup mahal, yaitu berkisar di angka Rp 440 ribuan. Perjalanan yang ditempuh menggunakan kereta ini memerlukan waktu sekitar 13 jam perjalanan.
 
  • KA Bangunkarta
Kereta KA Bangunkarta berangkat dari Stasiun Gubeng Surabaya pada sore hari. Tersedia kelas Eksekutif dengan harga tiket Rp 400 ribuan.
 
Dari Stasiun Gubeng Surabaya terdapat banyak akomodasi yang bisa kamu pilih. Salah satunya HARRIS Hotels yang merupakan hotel di Gubeng Surabaya dengan lokasi strategis di pusat bisnis Surabaya dan jarak tempuh beberapa menit dari stasiun tersebut. Pokoknya waktu jalan-jalan di Surabaya akan semakin seru dengan memilih HARRIS Hotels sebagai akomodasi andalan kamu.