7 Kuliner Bekasi: Wajib Dicoba!

5 Kuliner Bekasi: Wajib Dicoba!

Seperti kota-kota lainnya di Indonesia, Bekasi ternyata juga menyimpan banyak kuliner khas dengan cita rasa yang siap memanjakan lidah. Bahkan, berbagai makanan khas yang ada di Bekasi ini sudah begitu legendaris, sehingga jadi santapan wajib atau alternatif buah tangan untuk dibawa pulang ke rumah bila sedang berkunjung ke kota dengan julukan Kota Patriot. Penasaran apa saja makanan khas dari kota Bekasi? Yuk, lihat daftar lengkapnya dalam ulasan berikut.
 
 

Sederet Kuliner Khas Bekasi yang Wajib Dicoba


Berhubung lokasinya berdekatan dengan Jakarta, maka jenis makanan khas Bekasi tentu tidak jauh dari masakan Betawi. Itulah sebabnya, jangan heran bila kamu menemukan banyak kuliner Betawi ke Bekasi. Di bawah ini adalah sejumlah makanan enak dan legendaris di Bekasi yang wajib kamu cicipi:
 
1. Gabus Pucung
Kamu penyuka ikan-ikanan? Manjakan lidahmu dengan gabus pucung, masakan ala Betawi yang juga populer di Bekasi. Gabus pucung adalah ikan gabus goreng yang disiram bumbu kaya rempah.
 
2. Kue Rangi
Selain kerak telor, ada satu lagi kuliner khas Jakarta yang juga populer di Bekasi, yakni kue rangi. Makanan tradisional legendaris satu ini dibuat dari campuran tepung sagu dan kelapa parut yang dilarutkan dengan air kemudian dipanggang menggunakan cetakan khusus di atas kayu bakar.
 
Setelah matang atau bagian luarnya mengering, kue ini kemudian diolesi dengan saus  gula merah yang dikentalkan dengan tepung sagu. Beberapa pedagang ada yang menambahkan irisan nangka, nanas, dan durian dalam saus gula merah untuk menambah cita rasa dan aroma. Kue rangi paling nikmat disantap selagi matang, dengan segelas kopi pahit atau teh tawar. Dijamin, bikin ketagihan!
 
3. Kue Sagon
Kuliner khas Bekasi lainnya yang patut untuk dicoba adalah kue sagon. Kue sagon terbuat dari tepung beras ketan yang disangrai kemudian dicampur dengan gula putih, air, dan kelapa parut. Setelah itu adonan ditempatkan dalam cetakan adonan dan dipanggang dalam oven selama beberapa menit. Setelah matang, bersiaplah untuk menghirup aroma kelapa yang menggugah selera. Rasanya yang manis dan gurih serta teksturnya yang renyah pun membuat siapapun yang mencobanya bakal ketagihan.
 
4. Bandeng Rorod
Berbeda dengan bandeng presto yang memiliki duri lunak, maka bandeng rorod adalah olahan ikan bandeng yang diklaim tanpa duri. Rorod sendiri merupakan bahasa khas Bekasi yang memiliki makna ditarik. Ya, proses pembuatan kuliner satu ini dilakukan dengan cara memisahkan tulang dari daging ikan menggunakan mesin khusus. Bila diracik dengan bumbu yang pas, kuliner Bekasi satu ini jelas bakal terasa lebih nikmat.
 
5. Dodol Betawi
Tak mau ketinggalan dengan Garut, Bekasi juga punya kuliner khas bernama Dodol Betawi Bekasi. Untuk rasanya, tidak perlu diragukan lagi. Dibuat dengan proses yang rumit dan bahan-bahan pilihan, makanan khas Bekasi ini memiliki rasa legit yang siap menggoyang lidahmu. Biasanya dodol Betawi Bekasi disajikan sebagai kue khusus di bulan Ramadhan, Idul Fitri, hajatan pernikahan, dan masih banyak lainnya.
 
Itu dia lima kuliner khas Bekasi yang wajib kamu cicipi. Tapi, wisata kuliner di Bekasi kurang lengkap rasanya jika tidak menginap di HARRIS Hotel Bekasi. Bagaimana tidak? HARRIS Hotel Bekasi menyiapkan berbagai fasilitas lengkap untuk mendukung kenyamanan para penghuninya.
 
Selain fasilitasnya yang lengkap, Harris Hotel Bekasi juga memiliki lokasi yang strategis dengan pemandangan yang indah. Untuk kebersihannya sendiri, kamu tidak usah khawatir. HARRIS Hotels Bekasi mengusung konsep healthy lifestyle dengan standar higienitas dan kebersihan yang tinggi.