Wisata Malam di Surabaya Belum Lengkap Jika Tidak Mencoba 7 Kuliner Ini

Wisata Malam di Surabaya Belum Lengkap Jika Tidak Mencoba 7 Kuliner Ini

Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya menjadi salah satu tujuan destinasi liburan yang paling populer. Selain dikenal sebagai kota pahlawan, Surabaya ternyata juga menyimpan segudang wisata malam yang menarik dan tak boleh dilewatkan. Berbicara soal wisata malam, tak lengkap rasanya jika tidak menjajal kuliner malam di Surabaya. Berikut adalah 7 wisata kuliner malam Surabaya yang patut dicoba!
 

1.  Kuliner Daging dengan Sate Klopo

Jika kamu pencinta sate, jangan lupa mencicipi sate klopo khas Surabaya. Sate klopo adalah sate yang berisikan daging sapi dan lemaknya. Yang membedakan sate kelopo Surabaya dengan sate lainnya adalah taburan kelapa parut yang digoreng (serundeng) disajikan bersamaan dengan bumbu kacang. Duh, siapa pun yang mencobanya dijamin pasti ketagihan! Berhubung jadi kuliner khas Surabaya, kamu bisa dengan mudahnya menemukan lapak penjual sate ini di malam hari.
 

2.  Gurih nan Legitnya Tahu Tek

Kuliner malam di Surabaya lainnya yang harus dicicipi adalah tahu tek. Sama seperti mie dan nasi goreng, pemberian nama tahu tek ini disebabkan karena dahulu para penjual menjajakan dagangannya sembari mengetuk ujung wajan sehingga menghasilkan bunyi ‘tek-tek’.

Kamu tak akan sulit menemukan menu tahu tek di Surabaya, karena tahu tek Surabaya terkenal sudah tersedia di berbagai restoran dengan mengalami banyak modifikasi rasa yang tak kalah lezat!
 

3.  Camilan Sehat di Malam Hari dengan Rujak Cingur

Kuliner malam di Surabaya juga tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi rujak cingur. Rujak cingur terbuat dari irisan mulut atau moncong sapi yang direbus, buah-buahan serta sayuran yang disiram saus olahan petis, seperti timun, nanas, bengkoang, mangga muda, kedondong, tahu, tempe, tauge, kacang panjang, kangkung, dan lontong sebagai pelengkap. Camilan dengan berbagai khasiat seperti meningkatkan stamina hingga menurunkan kadar kolesterol ini dapat dengan mudah ditemukan di desa maupun kota besar di Surabaya.
 

4.  Makan Kenyang Bersama Sego Sambel

Ketika perut sudah bergemuruh, makan nasi adalah solusi paling tepat. Jika kamu sedang liburan di Jawa Timur, makan sego sambel sudah pasti buat perut kenyang. Kuliner malam legendaris di Surabaya ini dikenal memiliki cita rasa yang pedas, lho!

Sego sambel terdiri dari nasi dan berbagai lauk pauk seperti telur dadar, kedelai goreng, ayam, daging sapi, ikan, tahu, atau tempe yang dioleskan sambal cabai khas. Biasanya, sego sambel menjadi pelengkap untuk ayam penyet atau ikan pari panggang.
 

5.  Nikmatnya Lontong Balap yang Menyegarkan

Untuk kamu yang baru pertama kali jalan-jalan ke Surabaya, mungkin akan terasa asing dengan sebutan nama makanan yang satu ini. Ya, lontong balap adalah salah satu makanan khas dari Jawa Timur yang terdiri dari lontong berkuah, tahu, tauge, lento (kacang yang dimasak dengan cara khusus), dan sambal petis. Dinamakan demikian karena dahulu para pedagang lontong berjualan di satu tempat dengan memakai peralatan yang bergantian. Istilah balapan muncul karena pedagang yang selalu ingin cepat selesai dalam melayani pelanggan. Soal rasa, jelas tak perlu diragukan lagi.
 

6.  Pecel Semanggi

Wisata kuliner malam di Surabaya tak lengkap rasanya jika melewatkan pecel semanggi. Seperti namanya, pecel semanggi terbuat dari daun semanggi muda yang dikukus. Makanan khas Surabaya ini biasanya disajikan dengan sayuran lain seperti kangkung atau kecambah yang dituangi bumbu pecel. Pecel semanggi semakin nikmat disantap dengan kerupuk puli sebagai condiment.
 

7.  Lezatnya Lontong Kupang yang Bikin Nagih

Tak hanya lontong balap, jajanan khas Surabaya yang tak kalah enak adalah lontong kupang. Makanan ini berbahan dasar kupang atau kerang kecil yang dicampur dengan lontong dan kuah petis yang pedas dan gurih.
Itulah tujuh kuliner khas Surabaya yang wajib untuk dicicipi. Agar liburan ke Surabaya semakin seru, nyaman, dan pastinya aman, menginap di HARRIS Hotel & Conventions Gubeng, Surabaya adalah pilihan yang paling tepat. HARRIS Hotel Gubeng menyediakan berbagai fasilitas lengkap nan fancy, mulai dari kolam renang, spa & massage, hingga GYM.

Untuk kebersihannya, tak perlu diragukan lagi! Di masa pandemi seperti ini, HARRIS Hotels memberikan pelayanan ekstra dengan standar kebersihan yang tinggi. Selain itu, lokasi HARRIS Hotels sangat strategis. Jadi, tak perlu khawatir untuk eksplor wisata kuliner malam di Surabaya karena lokasinya yang berdekatan bahkan bisa ditempuh dengan berjalan kaki.