Liburan di Kota Solo

4 Aktivitas Liburan Seru di Kota Solo


Daya tarik kota Solo sebagai destinasi wisata seakan tidak lekang oleh waktu. Menurut data yang dihimpun oleh Dinas Pariwisata Solo, sedikitnya ada sebanyak 5,5 juta wisatawan yang mengunjungi kota Solo di sepanjang tahun 2019.
 
Banyaknya wisatawan luar kota yang berkunjung turut mendorong perkembangan kota hingga melahirkan lebih banyak cafe di Solo. Tempat-tempat wisata terus dikembangkan. Fasilitas hiburan, mulai dari tempat belanja, kafe hingga restoran suasana nyaman tumbuh subur.
 
Banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan untuk melepas penat dari rutinitas. Kalau kamu berencana untuk berwisata ke Solo, jangan lupa mencoba aktivitas seru berikut ini.

 

Wisata Kuliner Makanan-makanan Khas Kota Solo


Kalau kamu berkesempatan berkunjung ke kota Solo, pastikan untuk mencoba kuliner khasnya. Solo memiliki beragam kuliner khas yang tidak hanya terkenal akan cita rasanya yang lezat namun juga membuat kangen setiap pun yang pernah mencobanya.
 
Salah satu kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke kota Solo adalah tengkleng. Menu olahan daging kambing ini terasa semakin sempurna berkat campuran tulang dan jeroannya. Tidak cuma tengkleng, Solo juga punya nasi liwet dan serabi solo yang tentunya juga layak untuk dicoba.

 

Keliling Kota Naik Bus dan Kereta Uap


Pernah naik kereta uap? Kalau belum pernah, ini bisa jadi kesempatan yang tidak boleh kamu buang. Kunjunganmu ke kota Solo bisa menjadi pengalaman pertamamu berkeliling kota dengan mengendarai kereta yang kini lebih sering dijumpai di museum kereta api.
 
Paket tur kereta uap “Sepur Kluthuk Jaladara” bisa kamu nikmati bersama dengan rombongan minimal 25 orang atau maksimal 80 orang. Semakin banyak rombonganmu, semakin murah tarif untuk setiap penumpangnya.
 
Selain berkeliling kota dengan kereta uap, kamu juga bisa mencoba berkeliling naik bus tingkat “Werkudara”. Di samping menikmati pemandangan kota Solo, kamu juga bisa belajar banyak dari pemandu yang akan memandu perjalananmu.

 

Belanja Oleh-oleh


Solo juga punya banyak spot belanja yang sayang untuk dilewatkan. Selain mall, pasar tradisional juga bertebaran. Beberapa di antaranya adalah Pasar Klewer dan Pasar Gede. Kalau kamu ingin beli oleh-oleh batik, Pasar Klewer tempatnya.
 
Tapi kalau ingin cari souvenir khas Solo yang dibuat secara handmade, kamu bisa coba Javenir. Selain itu ada juga sentra oleh-oleh Mesran untuk kamu yang sedang mencari oleh-oleh makanan, seperti abon sapi, abon ayam, usus goreng hingga serundeng.

 

Belajar Buat Batik


Solo terkenal akan batiknya. Tapi bukan cuma belanja batik saja, kamu juga bisa belajar membuat batik sendiri. Coba mampir ke Kampung Batik Kauman. Di sini, kamu bisa melihat dan belajar membuat batik dari pengrajin batiknya langsung.

 

Hangout di Kota Solo


Banyaknya cafe di Solo cukup menunjukkan seberapa serunya hangout di kota Solo. Selain jalan-jalan, kamu juga bisa mampu ke tempat-tempat menarik. Tidak sedikit kafe yang hadir dengan konsep unik. Kalau kamu ingin menikmati suasana pasar malam, kamu juga bisa jalan-jalan ke Pasar Malam Ngarsopuro.
 
Kota Solo memiliki banyak atraksi wisata yang menarik. Namun selain mempersiapkan daftar tempat wisata atau kegiatan yang akan dilakukan nanti, jangan lupa untuk mempersiapkan akomodasi selama berada di Solo. HARRIS Hotel Solo bisa jadi opsi untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan di Solo. Selain punya fasilitas kamar yang lengkap, kamu juga bisa mendapatkan fasilitas penunjang lain, termasuk tempat gym yang nyaman. Jadi selain melepas penat, kamu bisa tetap menjaga kebugaran tubuh dan menikmati fasilitas gym di Solo. Jalan-jalan di Solo pun jadi lebih seru.