5 Makanan Khas Jawa Tengah yang Paling Terkenal

5 Makanan Khas Jawa Tengah yang Paling Terkenal

Jawa Tengah dikenal sebagai salah satu sentra kuliner di Indonesia. Tahukah kamu makanan-makanan khas Jawa Tengah apa saja yang paling terkenal dan jadi idola pecinta kuliner?
 
Makanan-makanan dari Jawa Tengah jumlahnya ada sangat banyak, mulai dari makanan kecil atau camilan atau hidangan besar yang mengenyangkan perut. Sama halnya seperti makanan dari daerah lain, hidangan Jawa Tengah juga khas akan bumbu rempah sehingga menciptakan rasa yang kaya di lidah penikmatnya.
 
Apakah Anda penyuka cita rasa pedas, manis, atau gurih? Semuanya dapat Anda temui di makanan-makanan khas Jawa Tengah. Tak jarang ada makanan yang memiliki seluruh unsur rasa tersebut contohnya sambal krecek dan gudeg.
 
Maka dari itu, kurang lengkap apabila mengunjungi Jawa Tengah tapi tidak sekalian mencicipi makanan khasnya. Berikut hidangan yang harus kamu cicipi:
 

1.  Nasi Liwet


Makanan tradisional ini sejatinya juga bisa ditemukan di daerah-daerah Jawa Barat. Namun, nasi liwet versi Jawa Tengah yang biasanya ditemui di Solo ini memiliki kekhasan yang lebih manis dan ditemani sayur kuah.
 
Nasi liwet versi Jawa Tengah disajikan bersama potongan ayam dengan rasa gurih, sayur labu siam, dan telur pindang. Tidak sulit untuk menemukan nasi liwet ini, sebab kamu bisa dengan mudah mendapatkannya di warung-warung bertenda pinggir jalan.
 

2.  Tempe Mendoan


Gorengan ini memang begitu menggoda dan disukai hampir sebagian besar orang. Meskipun terlihat sepele karena hanya berbahan dasar tempe lalu digoreng, mendoan jelas agak berbeda dengan gorengan tempe biasa.
 
Yang membuat mendoan berbeda adalah teksturnya yang khas karena proses pembuatannya yang juga berbeda dengan tempe biasa. Sama seperti gorengan lainnya. Tempe mendoan sangat dianjurkan untuk segera disantap sehabis digoreng, lalu dicampur sambal kecap atau hanya dengan cabai mentah.
 

3.  Garang Asem


Sama seperti namanya, cita rasa garang asem juga sedikit asam dan segar. Rasa tersebut berasal dari beberapa bahan olahan seperti belimbing wuluh dan tomat hijau. Rasa asam dipadu dengan cita rasa pedas membuat garang asem sangat pas dimakan berbarengan nasi panas.
 
Aslinya, garang asem menggunakan ayam kampung. Pasalnya, ayam kampung tidak mudah hancur apabila dimasak dalam waktu lama, dan dapat memunculkan kaldu yang lebih terasa. Penggunaan ayam negeri juga sudah lazim dipakai oleh para penjual garang asem saat ini.
 

4.  Brekecek


Makanan ini sekilas akan tampak seperti rica-rica karena berwarna kuning dan merah dengan kuah pekat. Brekecek adalah makanan berbahan utama ikan laut yang berasal dari Cilacap.
 
Ikan jahan adalah ikan yang paling umum digunakan dalam pembuatan brekecek. Ikan ini memiliki kekhasan rasa yang tidak dimiliki jenis ikan lain. Meskipun begitu, penggunaan ikan lain juga sudah lazim seperti ikan lumadang dan ikan abangan.
 

5.  Nasi Grombyang


Sekilas, nasi grombyang seperti nasi rawon atau soto karena memiliki karakteristik kuah yang gurih. Bedanya, nasi grombyang menggunakan daging kerbau sebagai andalan utamanya.
 
Nasi grombyang disantap menggunakan mangkuk kecil. Satu porsi akan terdiri dari nasi, irisan daging kerbau kecil-kecil, irisan daun bawang, lalu bermacam bumbu-bumbu rempah yang ada pada kuah kaldu. Makanan lezat ini bisa kamu temui di Pemalang, baik itu daerah alun-alun, sekitar terminal, pinggir jalan, hingga restoran-restoran.
 
Sangat menarik dan lezat, bukan? Nikmati makanan khasnya saat berlibur ke kota-kota di Jawa Tengah dan tambah keseruan liburan dengan menginap di HARRIS Hotels.