6 Makanan Khas Sunda yang Sangat Dikenal

6 Makanan Khas Sunda yang Sangat Dikenal

Siapa sih yang tidak kenal dengan batagor, empal, atau karedok? Ya, itu semua adalah makanan khas dari Jawa Barat atau Sunda. Sejatinya tidak hanya itu, masih banyak lagi makanan-makanan tradisional khas Sunda yang sangat lezat dan bikin nagih.
 
Makanan atau masakan tradisional khas Sunda jelas menjadi favorit banyak orang karena memiliki cita rasa dan ciri khasnya tersendiri. Kalau sedang menikmati makanan khas Sunda, kamu pasti familiar dengan rasa gurih, pedas, serta segar yang biasanya muncul dari lalapan atau sayur-sayuran mentah.
 
Agar menambah referensi serta daftar keinginan kamu, berikut makanan khas Sunda yang sudah menjadi favorit dan populer di kalangan masyarakat:

 

1.  Nasi Timbel


Yang khas dari nasi timbel adalah penyajiannya yakni nasi yang dibungkus daun pisang. Inilah kunci dari kenikmatan nasi timbel. Nasi timbel paling cocok dibarengi dengan lauk seperti ikan asin, ayam goreng, ayam panggang, lalu lalapan dengan sambal. Nasi timbel adalah makanan khas dari Bandung. Sejatinya, ini adalah makanan bekal para petani yang bekerja di ladang. Akan tetapi, nasi timbel sekarang sudah sangat lumrah dijumpai bahkan di restoran-restoran.

 

2.  Nasi Liwet


Liwetan atau nasi liwet awalnya merupakan sajian untuk acara kumpul-kumpul. Namun, sekarang nasi liwet juga menjadi primadona dari makanan Sunda karena rasanya yang enak dan khas. Nasi liwet sendiri memiliki rasa yang dominan gurih dan asin. Ini adalah hasil dari santan kelapa dan ikan teri yang dimasak berbarengan dengan nasi. Berbagai lauk yang pas dengan nasi liwet adalah tempe goreng, tahu goreng, ayam goreng, ikan asin, hingga ikan goreng.

 

3.  Karedok

 
Di Jakarta, yang biasa ditemui adalah gado-gado dan memang menjadi makanan khas dari ibu kota. Sementara itu, karedok adalah makanan khas Sunda yang hampir mirip dengan gado-gado. Bedanya adalah, sayur-mayur pada gado-gado itu direbus, sementara karedok tidak. Itulah yang membuat cita rasa menyegarkan dan crispy kala menyantap karedok.

 

4.  Soto Bandung


Setiap daerah atau kota di Indonesia memiliki soto khasnya masing-masing, pun begitu dengan Bandung. Soto Bandung adalah soto yang memiliki kuah bening dengan daging sapi dan lobak. Kuahnya yang segar sangat pas disantap di kala soto sedang hangat. Apalagi disantap di Bandung yang memang dikenal memiliki cuaca dingin. Yang unik dan khas dari soto bandung adalah adanya taburan kacang kedelai goreng dan perasan air jeruk nipis.

 

5.  Soto Mie


Soto ini pamornya memang sudah terkenal bahkan hingga ke negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Soto mie adalah makanan khas yang berasal dari Bogor. Soto yang berisikan daging sapi ini juga memiliki ciri khas yaitu irisan risol di setiap porsinya. Kuah soto mie terkenal segar dan pedas. Maka dari itu, tak jarang orang yang memakannya berbarengan juga dengan nasi supaya mengurangi sensasi pedas yang ada.

 

6.  Sate Maranggi


Ini adalah sajian sate yang berasal dari Purwakarta. Sate maranggi menawarkan dua varian yakni dari daging kambing atau daging sapi. Sate yang pada umumnya diketahui pasti memiliki bumbu kacang atau kecap, tapi tidak dengan sate maranggi. Rasa sedap dari sate maranggi sudah muncul dari rendaman bumbu rempah sebelum sate dilakukan pembakaran. Sate maranggi sendiri dominan dengan rasa manis yang khas.
 
Nikmati makanan khas Sunda dan tambah keseruan saat liburan dengan menginap di HARRIS Hotels. HARRIS Hotels berada di lokasi strategis yang membuat pengalaman liburan kamu semakin menyenangkan.