Makanan Tradisional Berbahan Rebung

Berbagai Olahan Makanan Tradisional Berbahan Rebung
 

olahan-rebung.jpgSource: Unsplash
 

Apa yang pertama teringat ketika mendengar kata rebung? Beberapa orang, khususnya yang tinggal di pulau Jawa mungkin akan langsung teringat dengan salah satu makanan khas Semarang, yaitu lumpia Semarang. Wajar saja, karena rebung memang menjadi bahan utama dari makanan khas tersebut. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya rebung banyak digunakan sebagai bahan makanan tradisional di berbagai daerah lain juga di Indonesia?

Penasaran? Berikut ini adalah beberapa daerah di Indonesia yang menggunakan rebung sebagai bahan dasar makanannya, yaitu:

1. Semarang
Seperti yang sudah dibahas di atas, rebung merupakan bahan utama pembuatan lumpia Semarang yang bisa Anda beli di pusat oleh-oleh Semarang atau di hotel di Semarang tempat Anda menginap. Selain rebung, lumpia Semarang juga menggunakan bahan lain sebagai isinya, seperti daging ayam, udang cincang, ebi, dan telur. Namun, isi tersebut bisa bervariasi tergantung dari kreatifitas pembuatnya. Meskipun begitu, rebung akan tetap selalu menjadi bahan utama yang tidak mungkin dilewatkan.

2. Lombok
Berbeda dengan Semarang yang menggunakan rebung sebagai bahan dasar pembuatan salah satu oleh-oleh utamanya, di Lombok rebung menjadi bahan utama masakan keseharian oleh sebagian besar masyarakatnya. Rebung ini biasanya diolah menjadi berbagai jenis lauk. Misalnya diolah bersama santai, menjadi sayur bening, atau ditumis.

3. Bengkulu
Sama halnya dengan Lombok, rebung juga menjadi bahan utama salah satu kuliner khas Bengkulu, yaitu rebung asam undak liling atau gulai rebung asam bengkulu. Dalam proses pengolahannya, rebung harus diiris tipis-tipis dan kemudian direndam selama beberapa hari, setidaknya 3 hari. Tujuan perendaman ini adalah agar teksturnya menjadi lunak dan lembut, sehingga mudah dimakan. Selain rebung yang menjadi bahan utamanya, masakan ini juga menggunakan liling yaitu keong hitam berukuran kecil yang biasanya ditemukan di area sawah.

Salah satu yang menjadi keistimewaan rebung sehingga disukai oleh banyak orang adalah karena aromanya yang khas dan rasanya yang nikmat. Tidak hanya itu, rebung juga termasuk ke dalam kategori sayuran sehingga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin dalam jumlh yang wajar. Bagaimana dengan Anda, apakah Anda termasuk penggemar rebung atau justru tidak menyukainya karena aromanya yang menyengat?