Ke Kalimantan Timur? Jangan Lupa 5 Oleh-oleh Khas Samarinda Ini!

Ke Kalimantan Timur? Jangan Lupa 5 Oleh-oleh Khas Samarinda Ini!

Sebagai salah satu kota terbesar yang ada di Kalimantan Timur, Samarinda tidak hanya menyediakan beragam tempat wisata, tetapi juga memiliki oleh-oleh khas yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke sana. Tak sebatas makanan saja, pernak-pernik lokal juga cocok kamu jadikan buah tangan khas Kota Tepian ini. Biar kamu nggak penasaran, berikut daftar oleh-oleh Samarinda yang wajib dibawa pulang dan paling banyak diburu wisatawan.
 
 

1.  Keminting

 
Keminting merupakan rekomendasi oleh-oleh khas Samarinda yang bercita rasa manis. Selain memiliki cita rasa yang manis, jajanan tradisional ini memiliki bentuk yang mirip dengan kemiri. Karena bentuknya pula yang membuat kue ini dinamakan keminting yang berarti “biji kemiri” dalam bahasa lokal. Keminting sendiri terbuat dari campuran tepung kanji, terigu, sagu, gula jawa, gula pasir, dan santan, yang kemudian dipanggang menggunakan oven.
 
 

2.  Amplang


Bisa dibilang, amplang merupakan oleh-oleh khas sekaligus favorit yang paling banyak diburu wisatawan ketika sedang berlibur ke Kota Samarinda. Amplang sendiri sejatinya kerupuk yang terbuat dari campuran ikan tenggiri dan tepung kanji. Yang menarik, amplang dijuluki sebagai kuku macan oleh banyak orang. Meski cukup menyeramkan, amplang tetap banyak diburu wisatawan karena cita rasanya yang enak, gurih, dan renyah.
 
 

3.  Abon Kepiting


Tak seperti abon pada umumnya, abon oleh-oleh khas Samarinda justru terbuat dari daging kepiting. Tidak hanya daging kepiting, tak sedikit pula produsen yang membuat abon menggunakan bahan tak lazim lainnya, semisal ikan gabus. Untuk membuat abon kepiting sebenarnya tidak jauh berbeda dengan abon kebanyakan. Yang membedakannya hanya bahan dasar dalam pembuatannya saja.
 
 

4.  Gula Gait


Selain keminting, oleh-oleh bercita rasa manis khas Samarinda lainnya adalah gula gait. Panganan ini terbuat dari bahan dasar gula aren atau gula putih. Untuk proses pembuatannya sendiri sebenarnya hampir sama dengan membuat permen gulali. Uniknya, bentuk dari penganan manis ini sepintas terlihat seperti kayu. Bila kamu tidak jeli dalam melihatnya, mungkin kamu akan terkecoh dengan penampilannya.
 
 

5.  Sarung Samarinda


Tidak sebatas makanan saja, oleh-oleh khas lainnya yang banyak diburu wisatawan untuk dibawa pulang adalah sarung Samarinda. Tak seperti sarung pada umumnya, sarung khas Samarinda dibuat dengan cara ditenun menggunakan gedokan atau masyarakat awam mengenalnya dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Sementara dari segi ukuran, sarung khas Kota Tepian ini memiliki panjang 2 meter dan lebar 80 cm. Ukuran tersebut tentunya jauh lebih besar dari sarung kebanyakan.
 
 

Tips Jalan-jalan saat Pandemi


Berwisata saat pandemi memang perlu ekstra hati-hati, karena hal ini merupakan upaya menjaga keselamatan diri sendiri dan orang-orang di sekitarmu. Nah, bila kamu berniat jalan-jalan ke Samarinda, ada baiknya pilih tempat wisata yang berada di ruangan terbuka untuk memudahkan melakukan jaga jarak! Kabar baiknya, Samarinda punya segudang tempat wisata alam yang populer, mulai dari Tugu Khatulistiwa, Pantai Pasir Panjang, Air Terjun Tanah Merah, hingga Kebun Raya Samarinda.
 
Selain itu, pastikan juga kamu selalu menjaga protokol kesehatan selama berwisata dengan menggunakan masker dan rajin mencuci tangan. Hindari pula menyentuh wajah dan selalu sediakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen untuk memudahkanmu membersihkan tangan bila sewaktu-waktu sulit menemukan wastafel untuk mencuci tangan di area wisata.
 
Supaya liburanmu di Samarinda semakin menyenangkan dan berkesan, kamu dapat menginap di HARRIS Hotel Samarinda yang lebih dari sekadar hotel. Selain dekat dengan tempat wisata dan pusat oleh-oleh khas Samarinda, fasilitas yang ditawarkan HARRIS Hotel Samarinda pun sangat lengkap. Yang lebih penting lagi, di kondisi pandemi seperti sekarang ini, HARRIS Hotel Samarinda uga menerapkan standar kebersihan yang tinggi demi menjamin kenyamanan dan kesehatan setiap tamu yang menginap. Dengan begitu, kamu bisa menikmati liburanmu dengan tenang dan aman di Samarinda.