Hal yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengadakan Pernikahan Adat Solo

Hal yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengadakan Pernikahan Adat Solo

Tiap orang tentu memiliki konsep pernikahan masing-masing, ada yang mengusung tema tradisional, ada pula yang modern. Daripada tema modern, pernikahan tradisional tentu membutuhkan persiapan lebih banyak karena melibatkan banyak prosesi adat yang sarat makna. Prosesi adat ini pun ada yang digelar sebelum dan sesudah akad, sesuai dengan kultur masing-masing. Jika kamu punya impian menggelar pernikahan adat Solo, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dan disiapkan oleh calon pengantin pria maupun pengantin wanita.
 

Walaupun Rumit, Prosesi Adat Jawa Solo Memiliki Makna Mendalam

Pernikahan adat Jawa bisa dibilang rumit karena setiap rangkaiannya mengandung makna yang berbeda. Dalam pernikahan adat Solo, keluarga pihak wanita akan memegang peranan lebih banyak dibanding pihak pria. Ketika seorang anak menikah, maka orang tua akan melepaskan tanggung jawabnya kepada calon suami. Proses inilah yang terbilang rumit, karena membutuhkan waktu yang cukup lama.

Meski demikian, tak sedikit pasangan yang masih menggunakan upacara adat sebagai jalan menuju ikrar pernikahan. Mereka percaya bahwa dengan mengikuti rangkaian yang panjang, menerapkan adat Jawa Solo justru akan menambah nilai sakral dan suci jalannya pernikahan.
 

Jangan Lupa Untuk Persiapkan Hal Berikut Sebelum Menikah

Sehari sebelum menggelar akad nikah, calon pengantin wanita adat Solo melakukan ritual siraman dan midodareni di rumah. Untuk hal ini, penata rias harus mempersiapkan perlengkapannya. Mulai dari bunga, kendi, serta gentong air kelapa dan air dari tujuh sumur dan juga gayungnya. Selain itu, pastikan bahwa tempat kerik rambut, handuk, dua butir kelapa, dan kimono sudah tersedia sebelum proses sungkeman.

Setelah meminta maaf dan memohon restu kepada orang tua, calon mempelai wanita mengganti pakaian dengan kemben bermotif batik dan proses siraman pun dimulai. Proses siraman ini diawali oleh ayah atau para orang yang dituakan dengan menyiramkan air dari atas ubun-ubun ke seluruh badan calon pengantin wanita sebagai simbol penyucian diri. Acara kemudian dilanjutkan oleh ibu dengan menyiram dan memberikan lulur ke tangan calon pengantin wanita sebagai simbol membersihkan tubuh. Selanjutnya, kedua orangtua memecahkan kendi yang berisi air dari tujuh sumur sambil berucap, “pecah pamore,” yang memiliki arti pecah semua kenakalan anaknya.

Setelah itu, prosesi dilanjutkan dengan upacara gunting rambut lalu ayah menggendong puterinya masuk ke kamar ganti. Selama calon pengantin wanita berganti pakaian, kedua orangtua menggelar upacara dodol dawet. Upacara ini adalah simbol harapan orang tua agar saat pernikahan berlangsung banyak tamu yang hadir.

Ritual terakhir yang harus dijalani sebelum acara pernikahan adalah upacara Dulangan Pungkasan atau dalam bahasa Indonesia berarti suapan terakhir. Ayah mempelai wanita akan mengambil bagian puncak tumpeng dengan berbagai lauk pauk kesukaan putrinya semasa kecil.
 

Tata Cara Pernikahan Untuk Pengantin Adat Solo

Di hari pernikahan, kedua calon pengantin harus didandani sesuai pakam adat Jawa, mulai dari busana hingga riasan wajah. Kemudian setelah akad nikah, kedua mempelai akan melaksanakan upacara Panggih. Berikut adalah urutan prosesi upacara Panggih dalam pelaksanaan pernikahan adat Jawa Solo:
  1. Balangan Suruh
  2. Wiji Dadi
  3. Pupuk
  4. Sindur Binayang
  5. Pangkon/Timbang
  6. Tanem
  7. Tukar Kalpika
  8. Tandur/Kacar Kucur/ Tampa Kaya
  9. Dahar Walimah/Dahar Kembul
  10. Rujak Degan/Tumplak Punjen
  11. Bubak Kawah
  12. Mertui
  13. Sungkeman
 

Wujudkan Pernikahan Adat Impian di HARRIS Hotel & Convention Solo

Melangsungkan pernikahan adat Jawa Solo memang sangat rumit, tetapi hal itu bukan menjadi penghalang bagi setiap pasangan yang ingin membina rumah tangga. Agar proses pernikahanmu berjalan lancar, nyaman, dan aman, kamu bisa menggelar pernikahan adat impian di HARRIS Hotel & Convention Solo.

Dengan kapasitas mencapai hingga 1.500 orang, HARRIS Hotel & Conventions Solo telah dilengkapi dengan kebutuhan tak kalah penting lainnya seperti sound system dan wireless microphone. Tak perlu khawatir untuk keluarga besar yang datang jauh-jauh dari berbagai kota. Di sini, kamu juga bisa sekalian memesan kamar super nyaman dan bersih dengan pemandangan yang bagus. Bahkan, jarak dari Bandara Adi Sumarmo hanya 20 menit menuju HARRIS Hotel & Conventions Solo.

Tunggu apalagi? Segera lakukan reservasi agar kamu bisa menggelar pernikahan secara mudah dan terjangkau hanya di HARRIS Hotel & Conventions Solo.