Rustic Wedding

Memahami Rustic Wedding yang Kini Ramai Digunakan sebagai Tema Resepsi
 

rustic-wedding.jpgSource: Unsplash
 

Sekilas, pesta pernikahan dengan tema rustic memberi kesan yang keren dan santai dibandingkan dengan resepsi pada umumnya. Terang saja, dekorasi venue yang sederhana serta busana pengantin yang simpel namun elegan adalah ciri khas pesta pernikahan dengan tema ini. Meski begitu, apakah makna dari rustic wedding yang sesungguhnya?

Dilansir dari Beaucoup, kata “rustic” sebetulnya memiliki makna yang berkaitan dengan countryside atau pedesaan. Maka dari itu, tema rustic wedding lekat sekali dengan dekorasi, aksesori, dan pernak-pernik yang banyak ditemukan di wilayah pinggir kota. Contoh saja buket bunga pengantin wanita yang terdiri dari bunga-bunga liar, dekorasi kursi tamu, meja makanan, dan peralatan makan yang terbuat dari kayu-kayuan, serta venue pernikahan yang terletak di luar ruangan—seperti di lahan-lahan kosong.

Sebagian orang yang memilih rustic wedding sebagai tema pernikahan mereka memang ingin mendobrak “aturan” pernikahan konvensional dari segi konsep. Namun, tak sedikit yang menggunakan tema ini untuk merefleksikan sikap mereka dalam melihat dan memahami kehidupan pada skala yang lebih besar. Ya, kontributor situs Beaucoup bahkan mengatakan bahwa perubahan iklim menyadarkan segelintir orang untuk menjalani hidup yang lebih sederhana. Contohnya adalah dengan memilih tema rustic wedding dalam pernikahan mereka. Sebab, rustic wedding berkutat seputar kesederhanaan, kedekatan dengan alam, serta karakteristik pemilik acaranya.

Walau tema rustic wedding yang otentik diselenggarakan di outdoor venue seperti di halaman belakang rumah atau lahan kosong bekas pertanian, bukan berarti tema ini tidak bisa dibawa ke venue seperti hotel di Bali. Pasalnya, banyak sekali hotel-hotel di Pulau Dewata yang memiliki lahan cukup luas untuk dipakai sebagai venue pernikahan. Jika Anda berminat menggunakan tema ini pada resepsi Anda namun sudah telanjur mem-booking ballroom hotel, misalnya, tidak usah khawatir. Sebab, rustic wedding vibe masih bisa Anda bawa pada resepsi Anda di venue indoor, lho!

Tidak ada aturan yang melarang siapa pun menggunakan tema rustic pada venue indoor. Yang perlu menjadi catatan adalah untuk tetap membawa hal-hal dasar pada tema ini, seperti pada dekorasi, camilan rumahan, busana pengantin, dresscode tamu, pernak-pernik lain, juga suvenir.

Yap, begitulah uraian tentang rustic wedding yang kini banyak digunakan pada pesta pernikahan—baik di luar maupun dalam ruangan. Jangan lupa “membawa” serta prinsip-prinsip yang ditanamkan oleh tema ini dalam pesta pernikahan Anda, ya!