5 Wisata Pontianak yang Tidak Boleh Dilewatkan

5 Wisata Pontianak yang Tidak Boleh Dilewatkan

Bila dibandingkan kota-kota lain yang ada di Indonesia, Kota Pontianak memiliki keunikannya tersendiri. Pasalnya, kota yang jadi ibukota provinsi Kalimantan Barat ini dilalui garis khatulistiwa yang membagi bumi menjadi dua bagian. Tidak hanya itu, Pontianak juga dilewati dua sungai besar, yakni Sungai Kapuas dan Sungai Landak.
 
Tapi, tahukah kamu kalau Kota Pontianak tak hanya terkenal dengan garis khatulistiwa dan Sungai Kapuas saja? Lebih jauh lagi, di kota Pontianak ternyata menyimpan banyak tempat wisata yang menarik untuk dijelajahi. Lantas, apa saja tempat wisata menarik di Pontianak? Untuk mengetahuinya, simak ulasannya berikut ini.

 

1.  Tugu Khatulistiwa


Sebagai kota yang dilalui garis khatulistiwa, kurang lengkap rasanya bila tidak mengunjungi tugu ikonik ini. Tempat wisata satu ini berada sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak. Selain mengagumi keindahan Tugu Khatulistiwa yang terbuat dari kayu belian, kamu juga bisa menjelajahi museum yang berisi informasi terkait garis imajiner itu. Di tugu ini pula, kamu dapat merasakan kuatnya daya tarik bumi.

 

2.  Kampung Wisata Kuantan


Jika kamu ingin liburan seru dengan konsep wisata kekinian di Pontianak, Kampung Wisata Kuantan adalah pilihan tempat wisata yang tepat. Kampung wisata ini menyuguhkan pemandangan yang penuh warna dan sangat meriah. Tidak hanya jalan dan pagar saja, dinding rumah penduduk lokal juga dihiasi dengan mural art yang penuh warna. Di lokasi ini, kamu pun dapat berselfie dengan latar warna-warni. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan kampung wisata ini sambil bersantai di kafe yang terdapat di tepian Sungai Kapuas.

 

3.  Pantai Pasir Panjang


Kota Pontianak tidak hanya terkenal dengan sungainya saja, tapi juga pantainya. Pantai Pasir Panjang, misalnya, merupakan destinasi wisata yang tak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Bumi Khatulistiwa. Seperti kebanyakan pantai di Pulau Jawa, Pantai Pasir Panjang juga menyuguhkan indahnya pasir putih dan jernihnya air laut yang berwarna biru. Daya tarik lain dari pantai ini adalah ombaknya besar. Jadi, buat kamu yang hobi berselancar, Pantai Pasir Panjang merupakan alternatif tempat wisata yang tepat saat berada di kota Pontianak.

 

4.  Taman Alun-alun Kapuas


Tempat wisata di Pontianak berikutnya adalah Taman Alun-alun Kapuas. Taman yang berada tepat di depan Kantor Walikota Pontianak ini sering dijadikan sebagai bersantai untuk melepas penat atau sekadar berkumpul bersama keluarga. Di tempat ini, ada banyak hal menarik yang bisa kamu temukan, mulai dari replika Tugu Khatulistiwa, wahana bermain, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga bisa menikmati sajian kuliner lezat yang dijual di lokasi tersebut.

 

5.  Istana Kadriah


Wisata terakhir yang harus kamu kunjungi saat sedang berlibur ke Pontianak adalah Istana Kadriah. Istana ini yang terletak tidak jauh dari Kota Pontianak ini menyimpan berbagai peninggalan sejarah dari Kesultanan Syarif Abdurrahman Alkadrie, seperti Kaca Pecah Seribu, Singgasana, dan Al-Quran yang ditulis tangan Sultan Syarif sendiri. Bukan hanya itu, di istan ini juga kamu bisa melihat peninggalan Jepang dan Portugis berupa meriam kuno.
 
 

Buat Liburan ke Pontianak Semakin Seru dengan Menginap di HARRIS Hotels


Agar liburan kamu ke Pontianak semakin seru dan berkesan, maka pilih akomodasi yang bagus pula. HARRIS Hotels Pontianak bisa menjadi pilihan akomodasi tepat untuk kamu yang ingin berlibur ke Bumi Khatulistiwa.
 
Selain dekat dengan beragam tempat wisata populer di Pontianak, HARRIS Hotels Pontianak juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang bisa mendukung kenyamanan kamu saat menginap di sana. Untuk kebersihannya, HARRIS Hotels Pontianak juga mengusung konsep healthy lifestyle dengan standar higienitas yang tinggi. Sehingga, kamu nggak perlu meragukan soal kebersihan di setiap areanya.