Tips Aman Menyebrang ke Singapura

Tips Aman Menyeberang ke Singapura dari Pelabuhan Batam
 

menyebrang-ke-singapura.jpgSource: Unsplash
 

Jika Anda sedang berada di kawasan Batam dan berlibur di sana selama beberapa hari, akan sangat sayang rasanya jika tidak bertandang ke negara tetangga. Ya, Batam memang terkenal sebagai kawasan yang menjadi persinggahan sebelum melakukan pelayaran ke Singapura. Jaraknya yang dekat membuat banyak sekali wisatawan yang memanfaatkan momen ini untuk mampir ke sana selagi berlibur di Batam. Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba, jangan terburu-buru dulu. Silakan duduk manis pada kamar hotel di Batam yang Anda huni, lalu simak tips ini baik-baik, ya!

  1. Pilih-pilih pelabuhan. Dari Batam, Kepulauan Riau, terdapat empat pelabuhan yang melayani penyeberangan ke Singapura. Ada Pelabuhan Internasional Sekupang, Pelabuhan Internasional Batam Centre, Pelabuhan Internasional Harbour Bay, dan Pelabuhan Internasional Nongsa Pura. Dari keempat pelabuhan tersebut, yang paling populer adalah Batam Centre. Alasannya, karena di pelabuhan ini terdapat kapal cepat yang beroperasi setiap satu jam sekali. Tak hanya itu, Pelabuhan Internasional Batam Centre juga memiliki lokasi yang mudah dijangkau dari Bandara Hang Nadim.

  2. Cek jam penyeberangan. Setelah menentukan pelabuhan yang hendak dipilih, selanjutnya perhatikan waktu penyeberangan yang diinginkan. Setiap pelabuhan, tentu memiliki jam operasional yang berbeda. Jika Anda memilih Batam Centre, pelabuhan ini memiliki jam penyeberangan yang cukup beragam yakni hampir 1 jam sekali, dimulai dari jam 6 pagi hingga 9 malam. Sebagai saran, usahakan untuk selalu datang lebih awal dari jam keberangkatan karena Anda harus mengurus dokumen imigrasi sebelum naik kapal ferry.

  3. Siapkan dokumen. Masih berkaitan dengan poin di atas, jangan lupa untuk mempersiapkan dokumen yang diperlukan sebelum menyeberang, ya. Apa saja sih dokumen yang diperlukan? Pertama, paspor yang masih berlaku setidaknya 6 bulan, identitas pribadi, serta dokumen pendukung lainnya seperti itinerary, hotel menginap saat di Singapura, dan lain sebagainya. Mengapa ini penting? Sebab tak hanya di pelabuhan Batam, setibanya di Singapura pun Anda akan dihadapkan dengan pihak imigrasi. Memiliki dokumen pendukung yang membuktikan bahwa Anda benar-benar datang untuk berlibur, tentu akan memudahkan Anda nantinya.

  4. Pesan tiket. Jika semua hal di atas sudah disiapkan, selanjutnya tinggal memesan tiket kapal ferry. Anda bisa membelinya secara online atau datang langsung ke pelabuhan yang diinginkan. Agar lebih nyaman dan aman, disarankan untuk membelinya secara online dan round trip alias pulang pergi. Jangan lupa untuk memilih pelabuhan HarbourFront Centre Singapura sebagai tujuannya.

Itu dia beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum menyeberang dari Batam ke Singapura. Selamat mencoba dan semoga membantu, ya!