Uniknya Masjid Perahu yang Ada di Tebet



Selain menjadi tempat untuk beribadah, masjid sekarang juga sering dijadikan tempat wisata religi. Maka bukanlah hal yang mengherankan jika saat ini banyak masjid yang dibuat semenarik mungkin. Apalagi untuk masjid yang berlokasi di area sekitaran hotel. Jika masjid yang berada di area hotel menarik dan memiliki desain yang bagus, pasti tamu-tamu hotel akan lebih tertarik untuk menjalankan ibadah sholat di sana daripada di dalam kamar hotel.

Untuk Anda yang sedang berada atau menginap di area Tebet dan sedang mencari masjid bagus untuk dikunjungi, bisa coba mendatangi Masjid Perahu yang ada di daerah ini. Mengapa dinamakan Masjid Perahu? Sebab terdapat sebuah bangunan yang menyerupai perahu di area halaman masjid. Bangunan tersebut merupakan area kamar mandi dan juga tempat wudhu untuk jamaah yang ingin solat di masjid ini.

Jika Anda berencana datang ke masjid ini untuk beribadah ataupun sekadar berkunjung, ada beberapa hal yang perlu diketahui, yaitu:

Lokasi
Masjid ini berada di Jalan Casablanca, RT.3/RW.5, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Jakarta Selatan. Meskipun masjid unik ini menjadi salah satu destinasi wisata di daerah ini, tetapi lokasinya bisa dibilang cukup terpencil karena tertutup oleh 2 apartemen besar di sekitarnya. Namun untuk Anda yang menginap di hotel Harris Tebet memiliki keuntungan, karena lokasi masjid ini tidak jauh dari hotel tersebut. Jadi Anda bisa dengan mudah mencapainya atau bahkan menjalankan ibadah di sana.

Fosil dan Pilar
Di dalam masjid ini Anda bisa melihat berbagai koleksi unik yang jarang Anda temui di masjid lainnya, yaitu batu fosil. Batu fosil tersebut tidak pernah dipindahkan dan selalu berada di lokasi yang sama, yaitu dekat dengan pintu masuk. Selain itu, ada juga berbagai koleksi batu unik lainnya yang tersimpan dengan rapi di kotak kaca. Tidak hanya itu, ada beberapa pilar unik di masjid ini. Beberapa pilar terbuat dari kayu gelondongan utuh pemberian dari menteri agama pertama.

Alquran
Bukankah sudah hal yang umum jika ada Alquran di dalam masjid, jadi apa uniknya? Memang jika Alquran biasa bukan hal yang unik, tetapi Alquran yang ada di sini berbeda karena memiliki ukuran yang cukup besar, yaitu 2x1 meter. Alquran ini memiliki ketebalan hingga mencapai 30 cm dan hanya dibuka pada waktu tertentu saja.

Emas
Keistimewaan lain yang dimiliki oleh masjid ini yaitu terdapat emas berbentuk giwang berjumlah 99. Jumlah tersebut disesuaikan dengan Asmaul Husna yang berjumlah 99 nama. Total berat emas yang ada di masjid ini yaitu mencapai 3 kilogram.