Wisata baru di Malang

Liburan ke Malang? Jangan Lewatkan 7 Tempat Wisata Baru Ini


Hawanya yang sejuk dan produksi buah apelnya yang melimpah. Saat berbicara tentang kota Malang, dua hal tersebut rasanya tidak bisa lepas dari kota yang satu ini. Daya tariknya juga semakin sulit diabaikan dengan banyaknya wisata baru di Malang. Tak mengherankan, Malang menjadi salah satu destinasi wisata populer, terlebih bagi kaum urban.
 
Daya tarik kota Malang sebagai destinasi wisata tidak terlepas dari pesona alam, peninggalan bersejarah dan apelnya. Berangkat dari sinilah, kota Malang mendapat banyak julukan, mulai dari Paris van East Java, kota bersejarah hingga kota apel. Ragam jenis kuliner yang tersedia dan banyaknya tempat wisata baru di Malang juga seakan mengukuhkan kota ini sebagai kota wisata.

 

Pilihan Transportasi ke Malang


Kota Malang merupakan kota kedua terbesar di Jawa Timur. Peradaban tumbuh pesat di kota ini. Begitu juga dengan akses menuju kota Malang. Ada banyak pilihan moda transportasi yang bisa dipilih untuk menuju ke kota yang satu ini.
 
Jika kamu tertarik untuk berkunjung dan menjelajahi wisata terbaru di Malang, kota ini tidak sulit untuk dijangkau. Kota Malang dapat dicapai melalui jalur darat maupun jalur udara. Untuk lebih jelasnya, berikut pilihan transportasi ke Malang.
 
1.  Pesawat
Jika kamu tidak ingin menghabiskan waktu terlalu lama di perjalanan, pesawat adalah moda transportasi terbaik yang tersedia. Hanya butuh waktu sekitar 1 jam 30 menit, Malang sudah bisa dicapai. Satu jam tiga puluh menit adalah lama perjalanan yang ditempuh dari Jakarta ke Malang. Karena itu, waktu tempuh bisa saja berbeda jika kamu berangkat dari kota lain.
 
Meski terbatas, ada beberapa maskapai yang melayani penerbangan ke bandara kebanggaan warga Malang, yakni Bandara Abdul Rahman Saleh. Beberapa di antaranya adalah Garuda Indonesia, Batavia Air, Sriwijaya, Lion Air, Citilink dan Batik Air. Namun karena keterbatasan maskapai, ada baiknya kamu juga bersiap untuk tarif tiket pesawat yang terbilang mahal.
 
2.  Kereta
Tempat wisata baru di Malang pada dasarnya dapat dijangkau dengan moda transportasi yang terjangkau. Sebut saja seperti kereta. Bisa dibilang, kereta adalah transportasi favorit wisatawan yang ingin menjajaki kota Malang. Bukan hanya karena harga tiketnya yang murah, kereta juga kerap menyajikan pemandangan indah selama perjalanan.
 
Waktu tempuh dari Jakarta ke Malang sedikitnya membutuhkan waktu 12 - 15 jam tergantung dari kelas kereta yang kamu pilih. Jika ingin memangkas waktu tempuh, ada baiknya kamu memilih kereta eksekutif. Layanan kereta yang melayani perjalanan ke Malang juga terbilang banyak.
 
3.  Bus
Jika kamu ingin lebih berhemat dan memiliki banyak waktu untuk menikmati perjalanan, bus bisa jadi pilihan terbaik. Dari Jakarta ke Malang, setidaknya butuh waktu sekitar 19 jam perjalanan. Ada banyak bus yang melayani perjalanan ke Malang.
 
Beberapa di antaranya adalah Lorena, Kramat Djati, Malino dan Pahala Kencana. Tarif tiket bus menuju ke Malang juga terjangkau. Secara umum, tarifnya kurang lebih sama dengan tarif kereta. Jadi kamu tidak perlu khawatir dengan biaya transportasi yang mahal.
 
4.  Kendaraan Pribadi
Untuk kamu yang ingin berkendara sendiri, opsi kendaraan pribadi juga tersedia. Dari Jakarta, Malang dapat ditempuh melalui jalur pantura atau jalur selatan. Namun jalur manapun yang kamu pilih, jangan lupa untuk melewati Kediri. Di sini, kamu akan melewati rute dengan pemandangan yang indah.
 
Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan dari Kediri bisa dilanjutkan ke Pare, Kandangan, Pujon, Batu hingga sampai ke Malang. Rute ini cukup berkelok-kelok. Karena itu, pastikan untuk selalu berhati-hati.

 

Tujuh Tempat Wisata Baru di Malang


Bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan di tempat wisata baru di Malang, ada banyak destinasi wisata di Malang  yang layak untuk dicoba. Bahkan mungkin ada terlalu banyak opsi hingga memilih menjadi terasa lebih sulit. Untuk membantu menentukan pilihan, berikut 7 tempat wisata baru di Malang yang bisa kamu pilih.
 
1.  Sumber Sirah
Tempat wisata yang satu ini terletak di Desa Sumber Jaya, Gondanglegi, Malang. Sumber Sirah sendiri sebenarnya merupakan sebuah sumber mata air tawar. Airnya jernih dengan pemandangan bawah airnya yang indah. Ganggang hijau di bagian dasar sumber mata air membuat tempat ini menjadi spot sempurna bagi para penyuka olahraga bawah air, khususnya snorkeling.
 
Airnya yang jernih juga membuat pemandangan bawah airnya terlihat begitu jelas. Jika ingin berkunjung ke Sumber Sirah, jangan lupa bawa perlengkapan snorkeling dan kamera tahan air. Penyewaan pelampung ban juga tersedia jika kamu menginginkannya.
 
2.  Jatim Park
Jika kamu berkunjung ke Malang, jangan lupa untuk mampir ke tempat wisata yang satu ini. Jatim Park merupakan salah satu destinasi wisata populer di Malang. Lokasinya sendiri ada di Batu, atau sekitar 20 menit dari kota Malang. Jatim Park sendiri terbagi menjadi 3 bagian, yakni Jatim Park 1, Jatim Park 2 dan Jatim Park 3. Setiap bagian menawarkan daya tarik yang berbeda.
 
Jatim Park 1 memiliki konsep taman bermain dengan lebih dari 50 wahana, mulai dari kolam renang raksasa, remote car, bioskop 3D hingga jet coaster. Sedangkan Jatim Park 2 mengusung konsep kebun binatang dan museum binatang. Di Jatim Park 3, daya tarik wisatanya juga tidak kalah menarik. Mengusung konsep taman bermain, Jatim Park 3 akan menyempurnakan waktu liburan kamu dengan Dino Park, museum lilin hingga museum alat-alat musik.
 
3.  Museum Angkut
Berbeda dengan museum pada umumnya, Museum Angkut hadir dengan konsep yang jauh dari kata membosankan. Museum ini memiliki koleksi mobil-mobil tua dari berbagai belahan dunia.
 
Mulai dari mobil buatan Eropa hingga Amerika zaman baheula, semua bisa kamu temukan di sini. Bahkan ada juga kereta kuda dan kereta sapi yang lazim digunakan sebagai alat transportasi di masa lalu. Selain itu, di sini kamu juga bisa melihat mobil yang pernah digunakan oleh presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno.
 
4.  Bumi Kitiran
Unik dan yang pasti instagramable. Bumi kitiran memiliki keduanya. Destinasi wisata yang satu ini menyajikan hamparan kincir angin warna-warni sepanjang mata memandang. Sedikitnya, ada 24.000 kincir angin kecil yang pastinya cocok untuk menambah koleksi foto wisatamu.
 
5.  Kampung Biru Arema
Malang memiliki beberapa kampung yang didekorasi dengan beraneka warna sehingga terlihat memanjakan mata. Salah satu kampung yang memiliki pesona tersebut adalah Kampung Biru Arema.
 
Kampung ini diresmikan pada 6 Februari 2018 silam. Daya tarik utama dari Kampung Biru Arema adalah warnanya yang senada. Setiap rumah di kampung ini diberi warna biru dengan mural tim sepakbola Arema di beberapa sisi. Bagi kamu yang mencari spot foto unik dan menarik, Kampung Biru Arema bisa kamu kunjungi.
 
6.  Boonpring Andeman
Pesona alam pedesaan dengan perkebunan pohon bambu, inilah daya tarik yang ditawarkan oleh Boonpring Andeman. Konsep tempat wisata yang satu ini mirip seperti Sagano Bamboo Forest di Kyoto. Pohon-pohon bambu yang rimbun menciptakan nuansa yang menenangkan. Beragam wahana seperti ATV, perahu angsa, boat, panahan, bola air dan kolam renang juga tersedia.
 
7.  Flora Wisata San Terra
Bagi para pecinta tanaman, Flora Wisata San Terra pastinya akan menjadi destinasi wisata yang sempurna untuk dikunjungi. Tempat wisata yang berlokasi di Jalan Raya Madya, Pandesari, Pujong, Malang ini tidak hanya mengusung konsep taman bergaya Indonesia namun juga menambahkannya dengan konsep taman bergaya Eropa hingga Korea.
 
Sedikitnya, terdapat 700 jenis bunga di Flora Wisata San Terra. Jadi bagi kamu yang suka dengan tanaman atau sekedar mencari nuansa taman yang menyenangkan, Flora Wisata San Terra jelas layak untuk dicoba.

 

Tips Jalan-Jalan di Masa Pandemi


Jalan-jalan di masa pandemi memang lebih berisiko. Meski demikian, bukan berarti kamu tidak bisa berlibur ke luar kota sama sekali. Ada beberapa aturan yang harus dipatuhi. Agar lebih aman, berikut tips jalan-jalan di masa pandemi.
 
1.  Pilih Destinasi Wisata Outdoor
Dibanding wisata indoor, wisata outdoor relatif lebih aman dari risiko penularan virus COVID-19. Sirkulasi udara di luar ruangan relatif lebih lancar. Karena itulah, lebih disarankan untuk memilih destinasi wisata outdoor dibanding indoor. Rekomendasi wisata baru di Malang yang telah disebutkan sebelumnya rata-rata memiliki konsep outdoor. Fasilitas kebersihannya juga sudah tersedia. kamu pun bisa lebih tenang saat menikmati waktu liburan.
 
2.  Hindari Makan di Tempat
Faktor risiko penularan virus covid-19 cenderung lebih tinggi saat makan di tempat atau dine in. Di tempat-tempat seperti ini, protokol kesehatan cenderung lebih sulit diterapkan. Untuk jaga kebersihan dan jaga jarak mungkin tidak ada masalah. Namun karena perlu melepas masker saat makan, risiko penularan menjadi lebih terbuka. Menghindari makan di tempat jauh lebih direkomendasikan. Selain menghindari kerumunan, makan di tempat yang lebih privat juga relatif lebih aman dari penularan virus.
 
3.  Bawa Perlengkapan Sendiri
Hindari menggunakan perlengkapan secara bergantian. Entah itu peralatan sholat, handuk atau kain lap, sebaiknya gunakan perlengkapan milik sendiri. Ini juga berlaku untuk peralatan makanan. Karena perlengkapan yang digunakan adalah milik kamu sendiri, kontrolnya juga lebih mudah.
 
4.  Jangan Lupa Membawa Perlengkapan New Normal
Masker 3 lapis, hand sanitizer dan tisu basah yang mengandung alkohol adalah perlengkapan wajib yang harus selalu dibawa selama masa pandemi. Jangan lupa bawa tas kecil untuk menyimpan perlengkapan tersebut. Jadi saat dibutuhkan, kamu bisa langsung menggunakan.
 
5.  Selalu Patuhi Protokol Kesehatan
Menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dan menghindari kerumunan adalah protokol yang wajib dipatuhi. Saat menikmati wisata baru di Malang, pastikan untuk selalu mengingat dan menerapkannya secara disiplin. Pandemi masih belum berakhir. Karena itu, belum saatnya untuk mengendurkan kewaspadaan.
 
 

Liburan Lebih Seru, Aman dan Nyaman dengan Menginap di HARRIS Hotels Malang


Memilih tempat menginap selama berlibur di kota Malang harus dilakukan dengan mempertimbangkan protokol kesehatan. Di samping mempertimbangkan lokasi hotel, kebersihannya juga harus dipastikan.
 
HARRIS Hotels Malang sangat peduli dengan kenyamanan dan keamanan setiap tamu yang menginap, dan selalu memastikan bahwa standar kebersihan yang tinggi selalu diterapkan. Ditambah dengan fasilitas lengkap dan pelayanan yang prima, liburan ke Malang akan terasa lebih seru, aman dan nyaman.