Berlibur ke Malang Belum Lengkap Jika Tidak Mencoba 6 Kuliner Ini

Berlibur ke Malang Belum Lengkap Jika Tidak Mencoba 6 Kuliner Ini

Selain sebagai kota wisata, Malang juga terkenal sebagai kota dengan kekayaan kuliner yang beragam. Mulai dari kuliner berbau tradisional hingga modern semua tersaji lengkap di kota berhawa sejuk ini. Maka dari itu, apabila kamu sedang berlibur ke Malang, kurang afdol rasanya bila tidak mencicipi kuliner khasnya. Nah, berikut daftar wisata kuliner Malang yang wajib kamu cicipi. Mau tahu apa aja? Yuk, simak pembahasannya berikut ini.
 

Daftar Kuliner Khas Malang yang Wajib Dicicipi

Di bawah ini adalah rekomendasi sejumlah tempat wisata kuliner terbaik di Malang yang wajib kamu coba:
 

1. Bakso Malang

Berlibur ke Kota Malang tidak lengkap bila tak mencicipi wisata kuliner khasnya, apalagi kalau bukan bakso. Ada banyak tempat makan bakso yang bisa kamu kunjungi di Malang. Bahkan saat berada di luar Malang pun kamu pasti dapat dengan mudah menemukan Bakso khas Malang yang dijual di sekitarmu. Hal ini menjadi bukti betapa khasnya bakso asal Malang yang satu ini sehingga terkenal hingga ke luar daerah asalnya.
 

2. Rujak Cingur

Bila ingin wisata kuliner Malang yang terbilang unik, maka kamu bisa mencicipi rujak cingur. Rujak cingur sendiri berisi sayuran atau buah-buahan, tahu, serta tempe. Yang membedakannya dengan rujak jenis lainnya, rujak cingur disiram dengan bumbu petis dan diberikan potongan moncong sapi ke dalamnya. Meski terkesan agak menjijikan, namun penambahan cingur atau moncong sapi ke dalam kuliner ini justru memberikan cita rasa tersendiri. Dan, jika kamu tertarik mencicipinya, kamu bisa datang ke salah satu tempat makan yang menjualnya, yaitu di Rujak Cingur Celaket ‘Mbak Niniek’ yang berada di daerah Lowokwaru, Kota Malang.
 

3. Cwie Mi

Wisata kuliner khas Malang yang wajib kamu coba berikutnya adalah cwie mi atau cui mi. Olahan mi khas Malang ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mi ayam pada umumnya. Bedanya, cwie mi Malang menggunakan daging ayam yang sudah dihaluskan menyerupai abon. Tidak hanya itu, rasa daging ayam pada cwie mi tidak bercita rasa manis layaknya pada mi ayam kebanyakan, melainkan asin.

Jika kamu ingin mencicipi rasa autentik dari cwie mie Malang, kamu pun bisa langsung datang ke Hot Cui Mie yang terletak di Kawasan Jalan Kawi Atas, Kota Malang.
 

4. Mendol Tempe

Tidak hanya kuliner berat saja, Kota Malang juga memiliki camilan khas yang harus kamu coba. Camilan itu adalah mendol tempe. Mendol tempe sendiri merupakan camilan khas Malang yang terbuat dari tempe yang sudah lebih dahulu dikukus. Selain menjadi camilan, mendol tempe biasanya dijadikan sebagai lauk pendamping hidangan utama lainnya, seperti rawon, pecel, hingga sayur lodeh.
 

5. Nasi jagung

Makanan lain yang wajib kamu cicipi saat sedang wisata kuliner di Malang adalah nasi jagung atau nasi ampok. Tak hanya di Malang, nasi jagung sebenarnya juga kamu temukan di daerah-daerah lain di Indonesia, seperti di Madura, Sumba, dan Flores. Di Malang sendiri, penyajian nasi jagung terbilang unik. Nasi jagung akan dicampur dengan nasi putih, kemudian disajikan bersama sayur bersantan, rempeyek, ikan asin, urap sayur, serta sambal pedas. Seperti halnya mendol tempe, menemukan nasi jagung enak di Malang juga tidak sulit.
 

6. Nasi Pecel Kawi

Terakhir, ada nasi pecel. Nasi pecel sendiri merupakan kuliner favorit bagi masyarakat Kota Malang. Itu sebabnya, wisata kuliner di Malang tidak afdol bila tidak mencicipi panganan satu ini. Layaknya nasi pecel kebanyakan, nasi pecel khas Malang biasanya terdiri dari nasi putih yang diberi rebusan sayur segar, sambal kacang, dan rempeyek. Meski terlihat sederhana, tapi kuliner khas Malang ini tentunya begitu nikmat untuk kamu nikmati.
 
Demikianlah enam makanan khas Kota Malang yang harus kamu cicipi. Agar wisata kuliner di Malang kamu semakin mengasyikan, lengkapi pula dengan menginap di HARRIS Hotel Malang. HARRIS Hotel Malang bukan sekadar hotel bintang empat biasa. Lebih dari itu, HARRIS Hotel Malang menawarkan penginapan yang dekat dengan berbagai destinasi wisata menarik di berbagai daerah, termasuk di Kota Malang. Tidak hanya itu, HARRIS Hotel Malang juga sudah menerapkan konsep healthy lifestyle dengan standar higienitas yang sangat tinggi sehingga aman ditempati selama pandemi.